Gajah Jinak CRU Sampoiniet Mati

Ilustrasi gajah. Foto ist

KBRN, Aceh Jaya : Seekor gajah jinak Sumatera mendadak mati di Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, (13/8/2020). 

Gajah berjenis kelamin jantan itu diberi nama Olo. Gajah itu mati tiba-tiba dan hingga kini belum diketahui penyebab kematian. 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto membenarkan peristiwa ini. Kata Agus, gajah tersebut merupakan gajah jinak di CRU Sampoiniet, Aceh Jaya. 

"Usia gajah Olo 25 tahun, belum diketahui penyebab kematian," kata Agus saat dikonfirmasi. 

Agus mengatakan, saat ini BKSDA Aceh telah membentuk tim untuk melakukan nekropsi guna mengungkap penyebab kematian gajah. 

"Tim telah kita bentuk, dan mereka sedang melakukan proses nekropsi di TKP untuk mengungkap penyebab kematian," ujarnya. 

Agus menjelaskan, kematian gajah ini dilaporkan oleh petugas di CRU Sampoiniet sekitar pukul 11.00 WIB. "Betul, dilaporkan tadi jam 11.00 WIB dari teman-teman di CRU, dan dilakukan nekropsi untuk mengetahui penyebab kematian gajah tersebut," ungkapnya. 

Menurut Agus, berdasarkan hasil nekropsi nantinya akan diketahui penyebab kematian satwa dilindungi ini. Namun, menurutnya, gajah Olo tidak mengalami sakit. 

"Kalau kondisinya sebelumnya baik-baik saja. Tidak sakit, makanya kita ingin tau penyebabnya, ini mati mendadak. Tapi pasti ada faktornya, ini akan terungkap nanti dari hasil nekropsi," pungkas Agus. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00