Tanyakan Data PKH, Puluhan Emak - emak Seruduk Kantor Dinsos Aceh Singkil

KBRN, Singkil : Pertanyakan kriteria penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Beras Sejahtera (Rastra), sejumlah puluhan emak - emak dari Desa Tanah Bara, Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil, mendatangi Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Aceh Singkil, Rabu (12/08/2020).

" Di tengah pandemi Covid-19 ini, jangan kami belum ada mendapatkan bantuan. Baik PKH dan BNPT, maupun  Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Desa." Sebut Sariyah salah satu ibuk rumah tangga yang mendatangi Kantor Dinsos

Kemudian Sariyah menambahkan, kedatangan mereka ke Dinsos Aceh Singkil kali ini, selain mempertanyakan transparansi penerima manfaat Program Keluarga Harapkan (PKH) di Desanya. Mereka juga berharap peran Dinsos Aceh Singkil, dapat menyelesaikan persoalan dan keluhan mereka.

" Tidak mesti BLT, bantuan PKH pun boleh. Yang penting ekonomi kami dapat terbantu di tengah pandemi Covid-19 ini." Tambahnya

Lebih lanjut Sariyah mengatakan, bahkan ironisnya ada penerima bantuan di Desanya warga yang memiliki sepeda motor. Kemudian rumahnya bagus dan kebunnya luas. Akan tetapi mereka yang di anggap layak sebagai penerima manfaat PKH dan rastra, sampai hari ini belum ada tanda - tanda sama sekali. "Sedangkan yang jelas-jelas orang tidak mampu malah tidak menerima apapun,” Tandasnya

Sementara itu, menanggapi keluhan puluhan ibuk - ibuk rumah tangga dari Desa Tanah Bara, Gungun Meriah, Aceh Singkil itu. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Aceh Singkil, melalu Kabag Program Data dan Keuangan, Dinsos Aceh Singkil,  Kudri Rahmadi, menjelaskan. Untuk persoalan Bantuan Langsung Tunai (BLT), ranahnya di katakan kepada Desa masing - masing. Sedangkan persoalan Program Keluarga Harapan (PKH) Bantuan Beras Sejahtera (Rastra), setiap warga harus terlebih dahulu masuk kedalam basis data terpadu (BDT).

Untuk itu, Kudri Rahmadi menyarankan warga yang mendatangi Kantor Dinas Sosial Aceh Singkil hari ini, terlebih dahulu melakukan musyawarah di Desa dengan melibatkan Perangkat Desa dan Pendamping PKH.

" Untuk merubah data penerima manfaat PKH, kami tidak ada hak dan kewenangan. Melain warga yang ingin masuk kedalam Basis Data Terpadu (BDT), terlebih dahul melakukan musyawarah di Desa." Tegas Kudri Rahmadi.

Sementara itu, kedatangan puluhan emak - emak  ini. Selain langsung di sambut Kepala Bagian (Kabag) Program Data dan Keuangan, Dinas Sosial Aceh Singkil,  Kudri Rahmadi. Juga terlihat Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Syahrul Imtizal, mencoba untuk menengahi persoalan yang di sampaikan ibuk - ibuk ini.

" Untuk menjawab pertanyaan warga ibu, kami akan menyerahkan data penerima manfaat PKH di Desa Tanah Bara, Gunung Meriah, Aceh Singkil, kepada ibuk - ibuk ini." Sebut Syahrul

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00