Rumah Warga Lhoong Aceh Besar Dimangsa Sijago Merah

KBRN, Kota Jantho : Sebuah rumah milik Mawardi (30 tahun) di Gampong Jantang Kecamatan Lhoong Aceh Besar Kamis (16/7/2020) sore dimangsa sijago merah.

Akibat terjadinya musibah kebakaran tersebut rumah yang dihuni oleh satu keluarga atau empat jiwa diketahui tidak ada korban jiwa, namun rumah permanen itu mengalami rusak berupa dinding dapur dan genset.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar Farhan AP melalui Operator Pusdalops PB Maswani mengatakan, petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Lhoong menerima informasi dari Keuchik Jantang perihal kejadian kebakaran rumah tersebut.

“Setelah menerima laporan petugas langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan sesuai dengan laporan,”ujar Maswani kepada RRI kamis (16/7/2020) malam.

Informasi yang dihimpun dari petugas Damkar Fendi, api bermula saat istri korban sedang memasak air didapur dan tiba tiba api langsung menyambar mesin ginset yang berdekatan dengan dapur tersebut.

“Api terus membesar sehingga istri korban langsung keluar rumah minta bantuan ke warga sekitarnya untuk menghubungi pemadam dan melakukan pemadaman secara manual,”tuturnya.

Masih menurut Maswani, petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Lhoong mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran didukung dengan empat personil.”

Setiba dilokasi api sudah padam dikarenakan berkat kesigapan masyarakat dan pemuda sekitarnya dengan cara manual (gotong royong) sehingga api cepat tertangani dan tidak merembes kebangunan lainnya yang terbakar sebahagian dinding dapur (Rusak Sedang) dan satu unit genset.

“Petugas pun langsung melakukan pendinginan supaya keadaan benar-bener aman setelah melakukan pengecekan baru kembali ke pos masing-masing dan selesai pendinginan tepat pukul 16.15 Wib “ungkapnya lagi.

Dalam kejadian tersebut ikut dibantu oleh Polsek setempat, Koramil setempat dan warga masyarakat yang juga ikut membantu pemadaman dengan cara manual (gotong royong).

“Untuk penyebab kebakaran api berasal dari dapur menyambar mesin ginset namun sudah dalam penyelidikan pihak yang berwajib,”pungkas Maswani didampingi Keuchik Iqbal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00