Antisipasi Krisis Peserta Didik, Pemerintah Tambah Jam Pelajaran PAI di Sekolah Umum

KBRN, Singkil : Perkuat karakter siswa, dan yakinkan kembali kepercayaan wali murid mulai tahun ini pemerintah Kabupaten Aceh Singkil akan menerapkan penambahan jam pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) pada sekolah umum tingkat SD dan SMP.

Hal itu di tegaskan Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, ketika melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) tentang kemajuan pendidikan di wilayah Kabupaten Aceh Singkil beberapa hari yang lalu.

" Saat ini minat para orang tua/wali murid di Aceh Singkil mulai menurun untuk menyekolahkan anaknya di sekolah - sekolah umum atau sekolah formal. Untuk itu, kami meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Singkil, tahun ini segera menambahkan jam Pelajaran Agama Islam (PAI) di sekolah - sekolah." Sebut Dulmusrid

Menyikapi penegasan Bupati Aceh Singkil, tentang penambahan Jam Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah - sekolah umum. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Singkil, Khalilullah, Rabu (08/07/2020) kepada RRI mengatakan. Regulasi/draf penambahan jam pendidikan agama Islam (PAI) ini, sudah tuntas di bahas dan di tanda tangani Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, akhir tahun 2019 kemaren. Hanya saja  penerapan penambahan jam pendidikan agama Islam (PAI) tersebut, di sekolah SMP dan SD akan di laksanakan mulai tahun baru 2020/2021 tahun ini.

" Perbub sudah ada sebagai acuan kita. Untuk itu mulai tahun ini akan kita terapkan penambahan jam pelajaran agama Islam (PAI) tersebut." Sebut Khalilullah S.Pd Rabu (08/07/2020)

Lebih lanjut Khalil mengungkapkan, terkait penambahan dan penetapan jumlah jam pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah SD dan SMP ini, sesuai dengan keputusan Bupati Aceh Singkil Nomor 176 tahun 2019. Dengan melakukan pembelajaran sebanyak 6 jam perminggu pada jenjang Sekolah Dasar (SD), dan 5 jam pelajaran perminggu bagi sekolah menengah pertama (SMP).

" Sesuai aturan yang ada pada Perbub, penambahan untuk jenjang SD akan melaksanakan pembelajaran 6 jam perminggu. Sedangkan untuk SMP, di laksanakan 5 jam perminggu." Tambah Khalil

Sementara itu, terkait dengan mata pelajaran atau materi yang di berikan kepada siswa dengan bertambahnya jam Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah - sekolah nantinya. Khalil menegaskan akan meyerahkan kepada sekolah masing - masing. Sedangkan untuk tenaga pendidik sendiri, Ia mengatakan pasti akan terpenuhi. Walaupun ada beberapa sekolah harus memanfaatkan tenaga pendidik yang masih berstatus honorer.

" UntukTenaga Pendidik, kita pastikan tercukupi. Meskipun kita memanfaatkan guru atau tenaga pendidik yang berstatus honorer." Tegas Khalil mengakhiri penjelasan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00