Kasus Positip COVID-19 pertama Sabang, warga Diminta jaga ketat protokol Kesehatan

km sabang sejahtera membawa pasien positip COVID -19 rujuk ke banda aceh/26/6/2020
dr/titik yuniarti_kadinkes Kota Sabang
NA (16) ditujuk kebanda Aceh /26/6/2020
Kasus Postip COVID-19 pertama asal Sabang

KBRN, Sabang : Kasus positip COVID-19 pertama dilaporkan di Sabang Jum’at (26/6/2020) Sore. Dinas Kesehatan setempat meminta Masyarakat tidak perlu panik, namun tetap peduli protokol Kesehatan.

Hasil uji terhadap 2 sampel tenggorokan kakak beradik dan 3 orang tenaga medis telah keluar dan diumumkan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Aceh Jum’at (26/6/2020) siang. Dari 5 sampel yang dikirim ke Balitbangkes Aceh 2 hari lalu, 1 pasien perempuan  berinisial NA usia 16 tahun, dinyatakan terpapar atau Positip COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sabang dr. Titik Yuniarti Jum’at  (26/6/2020) kepada RRI membenarkan hal itu. Hasil uji sampel (swab) hidung dan tenggorokan terhadap NA kata dia dinyatakan terpapar Corona Virus Diseases (COVID-19). Sedangkan sang adik, seorang balita usia 6 bulan dan uji swab lainnya dinyatakan negatif. Namun dia meminta agar masyarakat tidak panik dan senantiasa menerapkan protokol Kesehatan COVID-19 dengan disiplin yang tinggi.

“benar, hasil uji swab pasien NA dinyatakan positip, Sedangkan adiknya yang berusia 6 bulan negatif’ ujarnya Jm’at (26/6/2020).

sang kakak awalnya merupakan pasien yang telah di rawat 5 hari di Puskesmas Sukajaya Kota Sabang, dengan gejala demam, Dan kemudian sempat di rujuk ke RSUD Kota Sabang, Dengan membawa sang adik yang berumur 6 bulan. Balita 6 bulan sempat di bawa ke dokter anak dan di tes cepat dengan hasil reaktif. Setelah itu giliran sang kakak di lakukan rapid tes yang juga dinyatakan reaktif.

Ia melanjutkan petugas medis yang berada di Rumah Sakit Umum Kota Sabang juga telah diambil uji sampel usap namun hasilnya negatif COVID-19. Nantinya kata Titik Tim Gugus Tugas akan segera menelusuri riwayat perjalanan dari pasien yang berdomisili di Kecamatan Sukajaya itu.

“ini akan kita telusuri riwayat perjalanannya di bantu tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19. Dan siapa saja yang sudah bersentuhan langsung kita minta agar uji swab, dengan kesadaran sendiri, Dan melakukan isolasi mandiri” pinta Titik.

Jum’at (26/6/2020) sore NA telah di antar rujuk oleh Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 menuju Banda Aceh dengan menggunakan Kapal Motor Sabang Sejahtera dari pelabuhan CT 1 BPKS Kota Sabang.    

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00