Belasan Rumah Terbakar di Aceh Tenggara

Belasan rumah terbakar di Aceh Tenggara

KBRN, Kutacane : Musibah kebakaran terjadi di Desa Sabilussalam dan Lawe Disky I Kecamatan Babul Makmur, Kabupaten Aceh Tenggara pada Selasa (2/6/2020). Dalam peristiwa ini belasan rumah ludes terbakar dan dalam kondisi rusak berat.

Puing-puing bangunan rata dengan tanah dan harta benda sebagian besar tidak bisa diselamatkan oleh pemiliknya. 

Petugas Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Haslinda Juwita mengatakan, berdasarkan laporan dari BPBD Aceh Tenggara, peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada pukul 12.00 WIB. 

"Jumlah rumah yang terbakar sebanyak 17 rumah," kata Haslinda. 

Haslinda menyebutkan, kebakaran terjadi pada saat pihak pemadam kebakaran mendapatkan informasi tentang bangunan rumah yang terbakar. Bangunan yang terbuat dari beton dan kayu itu dengan cepat dilahap sijago merah. 

"Dalam peristiwa ini enam unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi kejadian dan pada pukul 15.00 WIB api berhasil dipadamkan," ujarnya. 

Haslinda menyatakan, berdasarkan pendataan petugas di lapangan, dampak kerusakan rumah berjumlah 19 unit. Untuk penyebab kebakaran sendiri masih dalam penyelidikan pihak berwajib. 

"17 unit hangus terbakar dan dalam kondisi rusak berat, sementara dua unit terpaksa dirusak untuk memutus api yang merambat ke rumah lainya," kata Haslinda. 

Dalam peristiwa ini, 75 jiwa dari 23 kepala keluarga terdampak dan mereka kini kehilangan tempat tinggal. 

"Warga Desa Lawe Disky I mengungsi di los dan beberapa dirumah kerabat, sementara warga Desa Sabilussalam mengungsi di Masjid Sabilussalam," pungkas Haslinda. 

​​​​​​

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00