Gempa Magnitude 4,0 Guncang Laut Simeulue

Ilustrasi, Sumber : Google

KBRN, Sinabang : Gempa magnitude 4,0 mengguncang Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, Jumat (29/5/2020). 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata Ie Banda Aceh melaporkan, lokasi gempa berada di laut dan tidak berpotensi tsunami. 

"Lokasi gempa berada di 133 kilometer barat daya Sinabang, Simeulue, Aceh," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mata Ie Banda Aceh Djati Cipto Kuncoro. 

Menurut Djati, gempa yang terjadi pada pukul 11.30 WIB itu berlokasi pada titik koordinat 1,71 lintang Utara dan 95.44 bujur timur. 

"Gempa ini berkedalaman 10 kilometer," jelas Djati. 

Sementara itu, salah satu warga Simeulue bernama Abi menyatakan, dirinya dan sebagian besar masyarakat Simeulue tidak merasakan adanya guncangan gempa. 

"Tidak ada terasa saya. Saya juga sempat tanya ke warga lain juga tidak ada terasa katanya," ucap Abi saat dikonfirmasi RRI. 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue Ali Hasmi mengatakan, warga Simeulue tidak merasakan adanya gempa. 

"Tidak terasa, kemungkinan karena gempa berada di laut dan jauh dari darat," jelas Ali. 

Dia menyebutkan kondisi masyarakat di Simeulue juga saat ini masih berjalan normal. "Tidak ada dampak dari gempa terhadap bangunan yang ada dan kondisi masyarakat berjalan seperti biasa," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00