Tiga Korban Tenggelam di Pantai Aceh Barat Ditemukan Meninggal

Dok SAR

KBRN, Meulaboh : Tiga remaja yang menjadi korban tenggelam di lokasi wisata pantai Suak Timah, Kecamatan Sama Tiga, Kabupaten Aceh Barat ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, Kamis (28/5/2020). 

Tiga korban yang ditemukan meninggal dunia itu bernama Riski Saputra (10), Munawarah (15) dan Aila Azura (13). Ketiganya warga Desa Masjid, Kecamatan Grong-Grong, Kabupaten Pidie. 

"Korban pertama ditemukan pada lokasi titik koordinat 04°12'30.1"N - 096°02'47.4"E sekitar pukul 07.20 WIB," kata Kepala Kantor SAR Banda Aceh Budiono, Kamis siang. 

Dia menjelaskan kronologi penemuan korban tenggelam ini berawal saat tim SAR gabungan yang melibatkan BPBD Aceh Barat, TNI, Polri, RAPI dan masyarakat setempat melakukan operasi pencarian sejak pagi tadi. 

"Pencarian dilakukan mulai Pukul 07.15 wib dengan membagi 2 tim, tim 1 penyisiran laut radius 1 NM dari lokasi menggunakan RIB dan perahu karet, tim 2 menyisir melalui darat tepi pantai. Sekitar Pukul 07.20 wib tim 2 yang sedang melakukan penyisiran di pinggir pantai melihat 1 korban terapung sekitar 500 meter arah barat dari lokasi," ujar Budiono. 

Dia menyebutkan, korban pertama ditemukan adalah Munawarah. Selanjutnya korban dievakuasi dengan menggunakan perahu karet. 

Kemudian, lanjut Budiono, tim kembali menemukan korban lainya bernama Riski Saputra dan Aila Azura sekitar pukul 11.25 WIB. 

"Korban kedua ditemukan sekitar pukul 20 meter dari lokasi kejadian, sementara korban ketiga ditemukan 300 meter dari lokasi kejadian," ungkapnya. 

Ketiga korban langsung dibawa ke RSU Cut Nyak Dhien Meulaboh dengan menggunakan ambulance dan langsung diserahkan kepada pihak keluarga. 

"Dengan ditemukannya ketiga korban ini, maka operasi pencarian ditutup dengan hasil semua korban telah ditemukan," kata Budiono. 

Seperti diberikan seelumnya, tiga orang remaja dan satu orang dewasa tenggelam saat mandi di pantai Suak Timah, Kecamatan Sama Tiga, Kabupaten Aceh Barat pada Rabu (27/5/2020) pukul 17.00 WIB. Satu korban diantaranya selamat bernama T Samsuardi (42). Keempatnya merupakan satu keluarga warga Desa Masjid, Kecamatan Grong-Grong, Kabupaten Pidie. 

"Peristiwa itu terjadi pada pukul 17.00 WIB Rabu kemarin," ujarnya. 

Budiono menjelaskan, kronologi kejadian pada saat empat korban yang terdiri dari Ayah dan tiga anak serta keponakan mandi di Pantai Suak Timah mandi di objek wisata pantai tersebut, namun tiba-tiba gelombang tinggi menghantam dan korban terseret arus. 

Proses pencarian ini, tambah Budiono, sempat menemui kendala karena cuaca buruk dan gelombang tinggi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00