Tim SAR Lanjutkan Pencarian Korban Tenggelam di Pantai Aceh Barat

Dok BPBD

KBRN, Meulaboh : Tim SAR gabungan hari ini melanjutkan operasi pencarian terhadap tiga orang remaja yang tenggelam di pantai Suak Timah, Kecamatan Sama Tiga, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Kamis (28/5/2020). 

"Pencarian dimulai Pukul 07.30 WIB pagi tadi," kata Kepala Kantor SAR Banda Aceh Budiono. 

Budiono menjelaskan, operasi pencarian mengerahkan satu unit sea rider dan perahu karet dengan mengerahkan tim SAR yang turut dibantu oleh BPBD Aceh Barat, TNI, Polri, Rapi dan masyarakat setempat. 

Menurutnya, operasi pencarian yang dilakukan hari ini diperluas hingga satu mil dari lokasi kejadian. 

"Tim melakukan pencarian satu mil dari lokasi kejadian dengan menggunakan satu unit Sea Rider/ RIB," ungkapnya. 

Sebelumnya dilaporan, tiga orang remaja dan satu orang dewasa tenggelam saat mandi di pantai Suak Timah, Kecamatan Sama Tiga, Kabupaten Aceh Barat. Satu korban diantaranya selamat bernama T Samsuardi (42). Keempatnya merupakan satu keluarga warga Desa Masjid, Kecamatan Grong-Grong, Kabupaten Pidie. 

"Peristiwa itu terjadi pada pukul 17.00 WIB Rabu kemarin," ujarnya. 

Budiono menjelaskan, kronologi kejadian pada saat empat korban yang terdiri dari Ayah dan tiga anak serta keponakan mandi di Pantai Suak Timah mandi di objek wisata pantai tersebut, namun tiba-tiba gelombang tinggi menghantam dan korban terseret arus. 

"Tiba-tiba ombak besar datang yang mengakibatkan keempat orang tersebut dihantam ombak dan terseret arus sehingga tenggelam. Namun korban T. Samsuardi berhasil selamat namun anak dan keponakan korban hilang terseret arus," kata Budiono. 

Kemudian Pos SAR Meulaboh langsung melakukan operasi pencarian. Pukul 19.45 Wib tim pos SAR Meulaboh tiba di lokasi dan langsung berkoordinasi untuk melakukan pencarian dengan unsur yang terlibat.

"Pada 20.10 Wib pencarian dilakukan dengan membagi dua tim, tim 1 melakukan penyisiran dari pinggir pantai dan tim 2 melakukan penyisiran dengan menggunakan 1 unit perahu karet dari jembatan Kuala Bubon," sebutnya. 

Proses pencarian ini, tambah Budiono, sempat menemui kendala karena cuaca buruk dan gelombang tinggi. 

"Ketika tim 2 hendak menuju lokasi, tim dihadang gelombang besar di Kuala Bubon, beberapa kali tim sempat mencoba untuk menembus gelombang namun gagal," ujar Budiono. 

Pada pukul 21.00 wib tim 2 menghentikan sementara pencarian dikarenakan gelombang laut yang tinggi sehingga tidak memungkinkan untuk dilanjutkan operasi pencarian. 

Adapun identitas korban yang belum ditemukan yaitu : 

1. Nama : Riski SaputraUmur : 10 tahunAlamat: Desa Mesjid Kec. Grong Grong Kab. Pidie

2. Nama : MunawarahUmur : 15 tahunAlamat : Desa Mesjid Kec. Grong Grong Kab. Pidie

3. Nama : Aila AzuraUmur : 13 tahunAlamat : Desa Mesjid Kec.Grong Grong Kab. pidie

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00