Cegah Masuk Virus Corona, Bandara SIM Pasang Alat Pendeteksi Suhu Tubuh di Pintu Kedatangan Internasional

KBRN, Aceh Besar : Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, Aceh memperketat pengawasan di pintu kedatangan Internasional, khususnya bagi penumpang pesawat dari luar negeri. 

Pengawasan mulai ditingkatkan seiring merebaknya penyebaran virus corona di negara China. 

Kepala Wilayah Kerja Bandara SIM Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banda Aceh Pattimura saat ditemui di Bandara SIM, Sabtu (25/1/2020) mengatakan, untuk mencegah masuknya virus corona, setiap penumpang di pintu kedatangan internasional bandara dimonitoring dengan alat thermoscanner (pendeteksi suhu tubuh). 

Menurut Pattimura, pemantauan ini mulai ditingkatkan sejak beberapa hari lalu seiring adanya intruksi dari Kementerian Kesehatan RI sebagai upaya pencegahan masuknya virus corona ke Indonesia. 

“Sejauh ini menyangkut virus corona belum ada kita temukan penumpang dari luar negeri yang terindikasi tertular virus corona,” kata Pattimura.   

Dikatakannya, pengawasan serta pemantauan suhu tubuh terhadap penumpang dari luar negeri selalu dilakukan. Di Bandara SIM, pihak KKP menyiagakan dua thermoscanner yaitu di kedatangan internasional serta di ruang VVIP. 

“Yang menjadi fokus perhatian adalah kepada penumpang yang mengalami suhu tubuh di atas 38 derjat celcius, jika ditemukan maka penumpang tersebut akan diperiksa secara intensif,” terangnya.  

Sementara itu, Manajer Operasional Angkasa Pura II Bandara SIM, Surkani,  menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait di antaranya KKP dalam menyikapi penyebaran virus corona. 

“Pada intinya kita selalu melakukan pengawasan dan pemeriksaan kepada penumpang khususnya yang dari luar negeri. Namun kalau penumpang dari domestik tidak kita lakukan monitoring, karena kalau penumpang domestik tentu sudah ada pengecekan dari bandara lainya,” ujar Surkani. 

Menurut Surkani, kecil kemungkinan penyebaran virus corona masuk ke Aceh karena penerbangan di luar negeri di Bandara SIM tidak melayani rute langsung ke Cina,  hanya rute kuala lumpur, Malaysia.  

“Di Bandara SIM penerbangan ke luar negeri hanya dari Kuala Lumpur Malaysia. Kalau langsung dari Cina tidak ada, tentu kecil kemungkinan, karena pasti jika ada penumpang dari Cina sudah ada pemeriksaan lebih lanjut dari bandara Kuala Lumpur,” sebut Surkani. 

Laporan terkini menyebutkan, sudah 41 orang meninggal dunia akibat penularan Virus Corona, virus ini juga dilaporkan telah menyebar ke sejumlah Negara sepert amarika singapura, taiwan dan sejumlah Negara lainya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00