5.912 Narapidana di Aceh Terima Remisi HUT RI ke 77

KBRN, Banda Aceh: Sebanyak 5.912 Narapidana yang sedang menjalani hukuman pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan Negara di Aceh, mendapat remisi yaitu pengurangan masa hukuman pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 77, rabu (17/8).

Pemberian remisi yang berpusat di Lapas Kelas IIA Banda Aceh, turut dihadiri Penjabat (PJ) Gubernur Aceh Mayor Jenderal TNI (Purnawirawan) Achmad Marzuki beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Aceh, dan sejumlah undangan terkait lainnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Aceh dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Divisi Administrasi, Rakhmat Renaldy menjelaskan, penghuni lapas/rutan di Aceh berjumlah 8.446, terdiri dari 1.535 tahanan dan 6.911 narapidana.

“ Dari jumlah tersebut yang berhak mendapat remisi berjumlah 5.912 orang, dengan rincian 5.896 diantaranya Remisi Umum (RU) I, 16 orang RU II, dan bebas RU II sebanyak 3 orang,” ujarnya.

Sementara itu Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Hamonangan Laoly menegaskan, secara nasional pemerintah memberikan remisi kepada 168.916 narapidana, meliputi RU I (pengurangan sebagian) sebanyak 166.191, RU II yakni setelah mendapat remisi dinyatakan langsung bebas mencapai 2.725.

“ Kepada seluruh narapidana dan anak yang hari ini mendapat remisi, khususnya yang langsung bebas, sekali lagi saya mengucapkan selamat. Sekaligus, saya mengingatkan agar saudara terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Jadilah insan yang taat hukum, berakhlak mulia dan berbudi luhu, serta berguna bagi pembangunan bangsa,” tutup Yasonna.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar