128 Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Ikut Pembekalan Magang

Sebanyak 128 mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023.(Foto/RRI/Humas UIN Ar-Raniry).

KBRN, Banda Aceh ; Sebanyak 128 mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 12-14 Agustus 2022 di Aula Lantai III, Gedung B FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan UPT Perpustakaan kampus tersebut.

Pembekalan ini untuk persiapan bagi mahasiswa angkatan 2019 yang akan melaksanakan magang pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 yang akan berlangsung selama 45 hari, mulai tanggal 15 Agustus sampai dengan 30 September 2022 mendatang.

Dalam sambutannya, Dekan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Fauzi Ismail MSi mengatakan bahwa salah satu tujuan dari pelaksanaan magang adalah untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam proses penerapan ilmu atau kompetensi yang didapatkan selama di kampus ke dunia kerja.

"Dunia kampus berbeda dengan dunia kerja, di sana kalian diuji dengan hal-hal yang berkaitan dengan soft skill dan keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja,"kata Fauzi Ismail saat membuka acara pembekalan PKL bagi mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan, Jum'at (12/8/2022) di Aula Lantai III, Gedung B fakultas tersebut.

Fauzi juga berpesan agar mahasiswa yang akan melaksanakan magang untuk mampu beradaptasi secara cepat terhadap perubahan dan melek teknologi dengan terus meningkatkan soft skills yang memang dibutuhkan oleh dunia kerja di era teknologi saat ini.

"Tantangan lulusan perguruan tinggi saat ini adalah mampu membaca tanda-tanda zaman, dan tentunya harus memiliki keahlian sesuai dengan bidang ilmunya,"kata Fauzi.

Sebelumnya, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Nurhayati Ali Hasan MLIS menjelaskan bahwa pelaksanaan PKL atau magang semester ini di ikuti 128 orang yang akan di tempatkan pada 70 perpustakaan yang ada di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Mereka akan melaksanakan magang di perpustakaan sekolah, dayah, perguruan tinggi, instansi pemerintah maupun swasta, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan perpustakaan Gampong.

"Sebelum pelaksanaan PKL, mereka dibekali dengan berbagai materi yang berkaitan dengan magang seperti tahapan dan indikator penilaian mahasiswa magang, sistematika penyusunan laporan dan rencana program kerja oleh Prodi,"kata Nurhayati Ali Hasan dalam laporannya, Jum'at (12/8/2022).

Selanjutnya, kata Nurhayati selama 2 (dua) hari, para mahasiswa yang akan mengikuti magang juga dibekali pelatihan sistem automasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi SLiMS dan INLISLite oleh Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Aceh dan para alumni yang bergabung di Aceh Library Consultant (ALC).

Hadir dalam pembekalan tersebut, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr Fauzi Ismail MSi, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Nurhayati Ali Hasan MLIS, Sekretaris Prodi Mukhtaruddin MLIS, Ketua PD Ikatan Pustakawan Indonesia Aceh Nazaruddin MLIS PhD. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar