Gelar Pelatihan Pokdarwis, Objek Wisata Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan

KBRN, Banda Aceh : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui Bidang Pengembangan Destinasi menggelar pelatihan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di MK Mulia Hotel, Kabupaten Aceh Utara, 9-10 Agustus 2022.

Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Kadisporapar) Aceh Utara Saifuddin, menyebutkan, kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi pelaku pariwisata di kabupaten Aceh Utara.

“Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman baru bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta penggiat wisata yang ada di Aceh Utara,” ujar Saifuddin dalam sambutannya, Selasa, 9 Agustus 2022 didepan puluhan pegiat wisata dan pokdarwis.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almuniza Kamal, mengatakan, sektor pariwisata merupakan sektor penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis masyarakat di Indonesia.

“Kabupaten/kota di Aceh memiliki potensi pariwisata yang sangat besar salah satunya ada di Kabupaten Aceh Utara,” tutur Almuniza.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Fandi Maulana, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata, membantu memberantas kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan.

“Disbudpar Aceh beberapa tahun terakhir terus berusaha mendorong terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan desa wisata di Aceh. Agar kedepan pertumbuhan ekonomi dan keterbukaan lapangan kerja bisa terbuka lebar,” tutur Fandi.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar