Enam Parlok Aceh Belum Menyelesaikan Syarat Pendaftaran Pemilu

KBRN, Banda Aceh: Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Syamsul Bahri  mengungkapkan terdapat delapan partai politik local yang sudah terhubung dengan akun Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), namun yang sudah mendaftarkan diri ke kantor KIP dengan melengkapi seluruh persyaratan hanya dua partai, yaitu Partai Aceh pada tanggal 7 agustus. Kedatangan pendaftar pertama ini, dipimpin langsung ketua umum partai Aceh, Muzakir Manaf didampingi Sekjen Kamaruddin Abubakar, Bendahara Hasanuddin beserta Dewan Pimpinan Partai. Selanjutnya disusul Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh pada 8 Agustus. Kedatangan partai baru ini ke kantor KIP, dipimpin Ketua Umum partai Tgk Bulqaini didampingi Sekjen Tgk Muhammad Zikri, Bendahara Tgk M Nizar beserta sejumlah kader.

Syamsul Bahri mengimbau calon peserta pemilu yang mengalami kendala dalam pendaftaran pada SIPOL, dapat menghubungi KIP Aceh. Diharapkan pendaftaran tidak dilakukan pada hari-hari terakhir menjelang penutupan pada 14 agustus, karena jika belum memenuhi syarat, dan tidak cukup waktu melengkapi persyaratan maka tidak dapat menjadi peserta pemilu.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh, Fahrul Rizha Yusuf mengakui, pihaknya diberikan akses yang sangat baik untuk mengawal seluruh tahapa pemilu, termasuk pada Sipol sehingga dapat mengetahui setiap permasalahan sejak awal.

Pendaftaran pada menit-menit terakhir dapat menyulitkan penyelenggara maupun calon peserta pemilu, untuk itu penting meminimalisir kendala atau permasalahan dengan mendaftar lebih awal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar