Dua Partai Lokal Aceh Sudah Daftar Sebagai Peserta Pemilu

Ketua KIP Aceh, Dr. Syamsul Bahri, SE, MM dan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Panwaslih Aceh, Fahrul Rizha Yusuf, SH,I, MH menjadi narasumber dalam dialog bertemakan " Sinergitas Bawaslu dan KIP Aceh Sukseskan Pemilu 2024" di studio programa 1 RRI Banda Aceh, selasa (9/8).jpg

KBRN, Banda Aceh: Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh selama 14 hari, mulai tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022 membuka pendaftaran partai politik local calon peserta pemilu 2024.

Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri mengimbau calon peserta pemilu untuk segera melengkapi seluruh persyaratan. Setiap partai politik wajib memasukkan data yang diperlukan untuk mendaftar sebagai peserta pemilu, pada portal Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Adapun sampai dengan saat ini pihaknya mencatat, hanya dua partai politik local yang sudah mendaftar, yaitu Partai Aceh pada tanggal 7 agustus, disusul Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh 8 Agustus.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam dialog interaktif yang disiarkan programa 1 dan kanal youtube RRI Banda Aceh, selasa pagi (9/8).

Sementara itu, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh, Fahrul Rizha Yusuf menegaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan untuk setiap tahapan pemilu, termasuk pendaftaran peserta.

Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) bersama Kepolisian Republik Indonesia dan Kejaksaan Agung juga membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk memudahkan koordinasi dalam pengawasan, termasuk optimalisasi penanganan tindak pidana pemilu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar