Pembinaan Moderasi Beragama di Kota Jantho, Nuansa Alam Pegunungan

KBRN, Banda Aceh : Kegiatan pembinaan moderasi beragama menjadi salah satu program prioritas di Kementerian Agama, tidak hanya untuk kalangan tokoh masyarakat, tokoh lintas agama tetapi untuk kalangan  Aparatur sipil negara (ASN).

Ada nuansa yang berbeda pada kegiatan pembinaan moderasi beragama yang di gelar Bidang Urais  Kanwil Kemenag Aceh, Rabu (6/7/22), di Riung Gunung Resto, Kota Jantho yang di ikuti oleh 15 orang Penghulu dan para ASN Seksi Bimas Islam Kankemenag Aceh Besar.

Biasanya pembinaan moderasi beragama di gelar di gedung pertemuan atau ruang hotel, tetapi kali ini memanfaatkan ruang terbuka di sebuah resto dengan merasakan nuansa pegunungan yang asri, lebih asik lagi para peserta menikmati renyahnya ikan air tawar yang semakin menambah selera para peserta.

Kegiatan di buka Kepala Kankemenag Aceh Besar, H. Salman, S.Pd, M.Ag, sekaligus menyampaikan materi moderasi beragama, di hadiri Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana SAg MSi, subkordinator Kepenghuluan dan Bina Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Aceh H Khairuddin SAg MA dan staf bidang urais, Plh Kasi Bimas dan Penyelenggara Zawa Drs H Imran.

Peserta bertambah semangat tatkala menjelang siang hadir Kabid Urais Binsyar Drs H Azhari MA setelah mengikuti prosesi pelantikan Pj Gubernur Aceh dan menyampaikan materi tentang sembilan kata kunci moderasi beragama yaitu kemanusiaan, kemaslahatan umum, adil, berimbang, taat konstitusi, komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan penghormatan kepada tradisi.

Lebih lanjut Azhari mengharapkan kepada seluruh penghulu untuk menjadi pelopor moderasi beragama dengan menyampaikan pesan dan syiar tentang kerukunan, kedamaian dan persatuan dan mampu memediasi berbagai perbedaan yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kakankemenag Aceh Besar, H. Salman menyerahkan sumbangan dari ASN untuk musibah kebakaran yang menimpa kediaman ibunda Kabid urais binsyar di Simpang Ulim Aceh Timur dan langsung di terima oleh Drs. H. Azhari.

Menurut Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Aceh Besar H Khalid Wardana, dengan perkembangan dan fasilitas yang ada di Kota Jantho maka sangat tepat berbagai kegiatan pembinaan ASN dan kegiatan kemasyarakatan di gelar di Kota Jantho, apalagi dengan adanya akses jalan tol akan semakin memudahkan arus transportasi. Untuk itu pihaknya siap memfasilitasi berbagai kegiatan lainnya dan mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenag Aceh yang telah memilih kegiatan dengan nuansa terbuka di ibukota Kabupaten Aceh Besar.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar