Aceh Juara II Pengelolaan DAK Bidang KB, Ini Harapan Kepala BKKBN

KBRN, Medan : Provinsi AcehBKKBN Provinsi Aceh menerima Penghargaan berupa Apresiasi Piawai Dana Alokasi Khusus DAK Katagori Inovasi Juara II Provinsi yang membina Kab/Kota dengan total anggaran DAK lebih dari 100 milyar (Pengawalan Integritas dan Akuntabilitas Wilayah selaku Tim Pengelola DAK Tingkat Provinsi dalam Inovasi Percepatan Penyerapan Anggaran Dana Alokasi Khusus Subbidang KB dan BOKB)

Adapun Penghargaan juara II atas pengelolaan DAK bidang KB tersebut diserahkan oleh Inspektur Utama BKKBN RI Ari Dwikora Tono, Ak. M.Ek. Dev dan diterima langsung oleh Kepala BKKBN Aceh Drs Sahidal Kastri, M.Pd pada Kegiatan Webinar, Dialog dan Apresiasi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Hotel Santika Dyandra Kota Medan Sumatera Utara dalam rangka Peringatan Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional Rabu 6 Juli 2022.

Selain itu Aceh juga memperoleh juara 1 Cakupan Pelayanan Posyandu terbanyak periode 17 mei sampai dengan 17 Juni 2022 serta juara terkaget ajang Kesehatan reproduksi kaula muda (AKUKAMU) 2022 yang diraih oleh  sdr. Ridho Brilian Laksama dari Genre Aceh

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional BKKBN Dr.(H.C)dr.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) mengatakan bahwa sepengamatanya realisasi Penyerapan Anggaran Dana Alokasi Khusus Subbidang KB dan BOKB tahun 2022 masih terbilang rendah.

Orang nomor satu di BKKBN tersebut juga menyampaikan bahwa Stunting menjadi ancaman terhadap kualitas generasi muda saat ini dan  oleh karenanya peran serta masyarakat untuk menurunkan angka stunting menjadi sangatlah penting agar tercipta generasi unggul di tahun 2045.

Permasalahan kawula muda saat ini sebanyak 24,4% mengalami stunting, 9,8% memiliki mental emotional disorder, 5% Napza, dan 1% autisme, serta 3 persen difabel, ini artinya sebagai generasi penerus bangsa tidak produktif dan bahkan hampir 40 persen generasi muda kita kurang optimal.

Dalam kesempatan itu juga Kepala BKKBN RI DR (HC) dr.Hasto Wardoyo Sp.OG K menyerahkan Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) atas dukungan pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana  kepada kabupaten dan kota yang diterima oleh Bupati Aceh Besar, Walikota Banda Aceh, Ketua TP. PKK Kota Banda Aceh, TP. PKK Kab. Aceh Utara, Kab. Aceh Tamiang dan Kab. Aceh Barat Daya

Sementara Kepala BKKBN Aceh Kepala BKKBN Aceh Drs Sahidal Kastri, M.Pd menjelaskan, dengan menerima penghargaan tersebut pihaknya akan menjadikan pemicu untuk bekerja lebih giat lagi dan kedepan bukan juara II tetapi menjadi juara satu.

Dsamping itu juga Kaper BKKBN Aceh mengucapkan terima kasih kepada semua Mitra Kerja karena hasil yang diraih tidak lepas dari kerja keras dan dukungan dari semua mitra OPD-KB Kabupaten dan kota serta mitra lainnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar