Cegah Stunting, Puskesmas Gumer Kampanyekan Pohon Daun Kelor Kepada Warga

Yuliana, S.KM Kapus Gumer Bersama Muspika lain Launching Penanaman Pohon Daun Kelor

KBRN, Singkil : Selain mudah tumbuh, kemudian kandungan kaya akan manfaat. Serta memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi. Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Gunung Meriah, Yuliana S.KM, bersama dengan pejabat Muspika setempat, kampanyekan manfaat Daun Kelor kepada warga untuk pencegahan stunting.

Hal tersebut dilakukan, sebagai salah satu langkah dan upaya mereka, untuk mencegah dan menurunkan Kasus - kasus Stunting di Kabupaten Aceh Singkil, terutama di Kecamatan Gunung Meriah.

Menurut Yuliana, dengan adanya  masyarakat mengkonsumsi daun kelor dan membuat berbagai olahan makanan, melalui daun kelor di pastikan kaya akan mendapatkan manfaat dan memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi.

Baik bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui, juga sangat bermanfaat untuk anak-anak usia bawah lima tahun (balita) dalam pencegahan stunting.

" Melalui Daun kelor ini kedepan, kita berupaya melakukan pencegahan stunting. Sebab, dengan mengkonsumsi daun kelor sangat memiliki banyak kandungan gizi bagi tubuh", Sebut Yuliana. Senin (04/07/2022)

Lebih lanjut diungkapkan Yuliana, sebagai bentuk komitmen Muspika Kecamatan Gunung Meriah, dalam menurunkan angka Stunting di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Mereka juga telah melakukan Gerakan Serentak Penanaman dan Pengolahan Kelor Untuk Cegah Gizi buruk dan Stunting (Gertak Pelakor Geunting). 

Terutama di sejumlah Desa/Kampung yang ditemui adanya kasus - kasus Stunting atau Gizi buruk. antara lain  Desa Silulusan, Sebatang, Sanggaberu, Tunas Harapan, dan Desa Tanah Bara.

" Ada terdapat 5 Desa lokus Stunting di Kecamatan Gunung Meriah. Serta berdasarkan data, angkan Stunting kita mencapai 27 Persen dari Jumlah Balita."Tambahan

Untuk itu dengan inovasi serta terobosan Penanaman Daun Kelor, kedepan angka dan kasus Stunting ini dapat berkurang di Gunung Meriah, Aceh Singkil.

Seperti diketahui, selain di Kecamatan Gunung Meriah beberapa Desa di Kecamatan lainnya juga menjadi lokasi fokus (Lokus) pencegahan Stunting di Kabupaten Aceh Singkil. 

Diantaranya, Kecamatan Pulau Banyak, Singkil, Singkil Utara, Simpang Kanan, Suro dan Kecamatan Danau Paris.

Bahkan, berdasarkan data terakhir Kabupaten Aceh Singkil nyaris masuk kategori daerah berstatus Merah dengan Prevalensi sebesar 29,6 persen Kasus Stunting.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar