TKSK Aceh Terima Bantuan Kelengkapan Kerja

KBRN Banda Aceh - Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyerahkan Alat Perlengkapan Kerja Lapangan (APKL) kepada seluruh petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Kabupaten/Kota wilayah Aceh.

Secara simbolis Bantuan APKL itu diberikan oleh Anggota Dewan Perwakilan Aceh (DPRA), Bardan Sahidi, pada Jum’at, 01 Juli 2022 di Kabupaten Aceh Tengah.

Dihadapan puluhan TKSK asal Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah, Bardan menyebutkan, atribut dan perlengkapan kerja bagi volunteer Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) ini merupakan salah satu kebutuhan TKSK saat bertugas di lapangan.

APKL ini nantinya akan memudahkan TKSK untuk dikenal masyarakat saat melakukan tugas sosial sehingga menjadi representasi sekaligus bukti hadirnya pemerintah dalam melayani dan memberdayakan warganya secara partisipatif. kata Bardan

Anggota Komisi V DPRA itu menjelaskan, bantuan kelengkapan kerja TKSK tersebut merupakan aspirasi dari para TKSK dalam setiap kunjungan kerjanya ke daerah-daerah. Dirinya berharap dengan kelengkapan kerja baru itu bisa meningkatkan semangat dan kepercayaan diri para TKSK dalam bertugas.

Menurut Bardan, relawan TKSK merupakan petugas garda terdepan dalam mengidentifikasi masalah-masalah sosial di tingkat akar rumput untuk kemudian dilaporkan kepada Dinas Sosial agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Semangat teman-teman TKSK tidak boleh kendur, ada banyak permasalahan sosial di tingkat Gampong, Kemukiman dan Kecamatan.”

“Selama ini saya melihat langsung kerja keras teman-teman TKSK dilapangan, saya apresiasi pada semangat keswadayaan dan keikhlasan waktunya berada di komunitas masyarakat dengan berbagai permasalah sosial.” ujar Bardan.

Sementara itu, secara terpisah Kasi / Sub Koordinator Pemberdayaan, Perorangan dan Kelembagaan (P2K) Dinsos Aceh Safwan, S.Ag, MM mengatakan, APKL tersebut nantinya akan diberikan secara bertahap kepada semua petugas TKSK yang berada disetiap kecamatan.

Atribut yang diberikan itu akan digunakan para petugas saat turun ke lapangan, diantaranya baju seragam, rompi, topi, tas, mantel, sepatu dan lainnya. TKSK yang diberikan APKL, sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dan bimbingan teknis oleh Dinsos Aceh terkait pemahaman akan tugas dan fungsi nya sebagai TKSK. ujar kasi P2K yang akrab di sapa Cekwan.

Lebih lanjut kata Cekwan, bantuan kelengkapan kerja ini merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial dan DPR Aceh kepada para TKSK. Selama ini TKSK telah telah berkerja aktif membantu pemerintah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat Kecamatan. Serta berkontribusi mengawal dan memastikan program-program Pemerintah berjalan sesuai target dan tepat sasaran.

“Kita berharap dengan adanya atribut atau kelengkapan kerja ini, TKSK makin mudah dikenal oleh masyarakat dan mampu menunjukkan kinerja baik dalam menjalankan tugas kedapan”. kata Cekwan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar