Pacu Pelaporan dan Realisasi Anggaran, Kemenag Aceh Besar adakan Monitoring Aplikasi Smart dan Monev

KBRN, Kota Jantho : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar,  menggelar kegiatan  monitoring pengisian aplikasi Smart DJA dan aplikasi  e-Monev Bappenas, Senin (4/7) di aula MIN 27 Lambaro Kecamatan Ingin Jaya.

Kegiatan di buka oleh Kakankemenag Aceh Besar yang di wakili Kasubbag tata usaha H Khalid Wardana SAg MSi di ikuti 20 peserta dari unsur kaur tata usaha dan operator MTsN, MAN dan staf sekretariat kankemenag.

Kegiatan ini di laksanakan untuk memaksimalkan pengisian data dan pelaporan dengan mengundang 2 narasumber dari Kanwil Kemenag Aceh yaitu Iswanda dan Muhammad Akmal.Sebagaimana di ketahui Smart DJA merupakan aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan satuan kerja dalam monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran.

Sedangkan e-Monev adalah aplikasi pelaporan data realisasi hasil pemantauan pelaksanaan rencana kerja kementerian/lembaga. Aplikasi e-Monev menekankan pada pelaporan data pelaksanaan rencana kerja kementerian/lembaga guna mendukung pemantauan, pengendalian dan evaluasi.

Dalam sambutannya Kasubbag tata usaha Kemenag Aceh Besar H Khalid Wardana menyampaikan kepada para peserta, khususnya satker madrasah untuk memaksimalkan pencapaian realisasi anggaran dan melakukan pengisian data dan pelaporan secara tepat waktu, kontinyu dan menyeluruh. 

"Pelaporan melalui aplikasi Smart akan menjadi bahan evaluasi untuk Kementerian Keuangan, sedangkan pelaporan melalui e-Monev berkaitan dengan Bappenas,"ujarnya.

Lebih lanjut H Khalid Wardana menghimbau kepada kepala madrasah, operator dan kaur tata usaha madrasah untuk membangun komunikasi dan sinergisitas yang baik agar terwujudnya tata kelola, tertib administrasi, data dan pelaporan yang kredibel.

Terkait realisasi anggaran, sesuai dengan data dari Kanwil Kemenag Aceh per 1 juli 2022, Kankemenag Aceh Besar berada pada peringkat kedua se Aceh mencapai 57,06 persen, peringkat pertama di raih Kankemenag Aceh Tenggara realisasi 59,05 persen dan peringkat ketiga Kankemenag Pidie mencapai 56,39 persen.

"Kepada seluruh satker Madrasah yang ada di Aceh Besar saya ingatkan untuk terus meningkatkan kinerja dan mewujudkan target realisasi anggaran secara maksimal,"demikian Khalid Wardana.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar