Pendidikan Khusus Profesi Mediator Ditutup

KBRN, Banda Aceh : Plh. Kakanwil Kemenag Aceh, Dr. H. Muntasyir, S.Ag, MA, menutup secara resmi Pendidikan Khusus Profesi Mediator (PKPM) Tahun 2022, Rabu sore (29/6/2022).

Acara yang telah berlangsung sejak 24 Juni 2022 di Sei Hotel Gampong Mulia Banda Aceh ini diikuti 23 peserta, dan diprakarsai dan dihadiri tim Pusat Kerukunan Umat Beragama (KUB) Sekjen Kemenag RI.

Saat penutupan acara akhir bukan ini, Plh Kakanwil Dr Muntasyir MA yang juga Kabid PD Pontren ini juga menyerahkan secara simbolis pedoman mediasi kepada peserta pelatihan mediator dan resolusi konflik.

Penutupan acara Peningkatan Kapasitas Resolusi Konflik bagi Anggota FKUB dan Tokoh Masyarakat di Aceh bersama tim PKUB Kemenag RI ini, setelah 30 peserta dibahani materi oleh narasumber dan instruktur/fasilitator nasional dan provinsi.

Plh Kakanwil mengharapkan pada peserta bisa melanjutkan spirit dari pelatihan hampir sepekan ini, saat berada di tengah-tengah komunitasnya, termasuk kiat-kiat mediasi yang jitu.

Sementara saat pembukaan pada Sabtu 25 Juni 2022, Kakanwil Dr H Iqbal SAg MAg mengajak alumnus pendidikan ini mensosialisasikan kebijakan terkait kerukunan dan moderasi beragama di institusi dan lingkungannya.

"Bahwa kebijakan Kementerian Agama dalam pembinaan KUB, secara prioritas ditujukan antara lain agar umat beragama memiliki karakter moderat, unggul, maslahat (berdaya guna), rukun, dan damai. Semua itu dibangun melalui tiga fondasi utama, yaitu moderasi beragama, tranformasi digital, dan good governance," ujar Kakanwil di depan peserta dari FKUB Aceh dan kab/kota dihadiri Pengurus FKUB Aceh HM Hamid Zein SH MHum, serta Evangile Risje STh MPdK dari Pusat KUB.

Selama siang dan malam, ke 30 peserta kegiatan Peningkatan Kapasitas Resolusi Konflik bagi Anggota FKUB dan Tokoh Agama di Wilayah Aceh ini, lanjutkan pendidikan dan simulasi secara serius, juga diskusi-diskusi hingga rekemendasi.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar