Wujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif, Kodim Aceh Selatan Gelar Pembinaan Mitra Karib Tahun 2022

KBRN, Aceh Selatan : Mewujudkan binter TNI AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan jaring mitra karib yang ada di wilayah guna mengoptimalkan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat bagi Apkowil.

Tema ini dingkat dalam kegiatan pembinaan Mitra Karib di wilayah Kodim 0107/Aceh Selatan Tahun 2022 yang di gelar di Aula Makodim Desa Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (28/6/2022).

Penerapan pembinaan teritorial dilaksanakan salah satunyanya dalam bentuk pembinaan mitra karib atau lebih dikenal dengang jaring teritorial.

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom dalam kata sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk lebih terjalinnya kedekatan antara TNI dalam hal ini Aparat Kewilayahan dengan masyarakat guna menunjang suksesnya tugas pokok khususnya diwilayah Kodim 0107/Aceh Selatan.

Kemudian Dandim menyampaikan, bahwa Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI khususnya pada pasal 7 ayat 2 point b butir 8 menyatakan bahwa tugas pokok TNI salah satunya dapat dilakukan dengan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) melalui kegiatan pemberdayaan wilayah pertahanan dan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

Pemberdayaan wilayah pertahanan diselenggarakan secara dini dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara dan untuk mewujudkan kondisi yang tangguh berupa kondisi dinamis masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari segala bentuk ancaman diantaranya separatisme, terorisme, radikalisme, konflik komunal, isu politik nasional dan lokal, maka setiap Aparat Komando Kewilayahan harus memiliki kemampuan “temu cepat dan lapor cepat”.

"Kemampuan apkowil dalam temu cepat dan lapor cepat merupakan salah satu bentuk dari kecepatan mendeteksi suatu permasalahan yang timbul di wilayah agar dapat diantisipasi dengan pengambilan keputusan yang tepat melalui kegiatan pembinaan jaring mitra karib yang pelaporannya dilaksanakan oleh mitra karib binaan,"ujar Dandim.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar