40 Guru Ikut Pembekalan Teknik Penyusunan Soal Ujian

KBRN, Langsa : Sebanyak 40 orang Guru Madrasah di lingkungan Kankemenag Kota Langsa ikuti Pembekalan Teknik Penyusunan Soal Ujian di Aula Kantor setempat, Selasa (28/6/2022). 

Kegiatan diselenggarakan oleh Kankemenag Kota Langsa melalui Seksi Pendidikan Islam (Pendis) selama satu hari penuh dengan menghadirkan pemateri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa  Khairani,ST dan Nurmaidasari, S.Pd.

Pada sambutan sesi pembukaan, Kakankemenag Kota Langsa Drs.H.Hasanuddin.MH mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja Seksi Pendis. Di mana setiap guru dituntut agar mampu membuat dan menyusun soal sendiri guna meningkatkan kualitas dan kompetensi  guru.

"Peserta yang mengikuti kegiatan hari ini adalah orang-orang yang beruntung dan orang-orang terpilih dari sekian banyak guru madrasah yang ada di Kota Langsa. Oleh karenanya, manfaatkan waktu dan kesempatan ini dengan baik, ikuti kegiatan ini dengan maksimal," katanya.

"Hari ini, guru harus lebih aktif dan siap bersaing untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, jadi tidak boleh lagi kita duduk santai tanpa berbuat apa pun. Kita sebagai guru dituntut untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa," imbuhnya.

"Oleh karenanya guru harus lebih aktif, berinovasi, dan berlomba-lomba meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan tersebut jangan hanya pasrah dengan keadaan," ajak Hasanuddin, yang pernah menjabat Kasi PHU dan Kasubbag TU ini.

Ia berharap, melalui kegiatan ini  akan banyak siswa/i  jenjang MA, SMA, dan SMK  di Kota Langsa  yang akan lulus pada seleksi SNMPTN pada sekolah tinggi Negeri favorit di Indonesia.

"Untuk hal ini tentunya kita dituntut untuk meningkatkan kopetensi siswa, agar siap bersaing dengan siswa/i lainnya," tuturnya.

Sebelum Hasanuddin membuka kegiatan, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi, atas pelaksanaan kegiatan Pembekalan Teknik Penyusunan Soal Ujian.

"Semoga kegiatan ini memberikan semangat dan motivasi bagi kita untuk meningkatkan kompetensi dan mutu pendidikan madrasah," pungkasnya.

Sementara, Kasi Pendis Zainuddin,S.Ag dalam laporan panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini di ikuti oleh 40 orang peserta berasal dari Guru Madrasah jenjang MI sebanyak 11 orang,  jenjang MTs sebanyak 14 orang , dan jenjang MA sebanyak 15 orang.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya. Kepada peserta akan diberikan sertifikat, konsumsi serta transportasi.

Zainuddin juga mengatakan, tujuan kegiatan ini dilaksanakan agar para guru mampu dan bisa membuat soal sendiri tanpa harus copy paste dari soal-soal yang sudah ada dan mampu mengembangkan kepada rekan guru-guru yang lain.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar