Aminullah: Kota Banda Aceh Jadi Target Wisatawan

KBRN, Banda Aceh : Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, mengatakan sepanjang tahun 2022 Kota Banda Aceh menjadi target wisatawan baik dari lokal, nasional maupun internasional.

“Alhamdulillah Kota Banda Aceh menjadi target wisatawan sejak awal tahun 2022 karena Banda Aceh telah berada pada zona hijau Covid-19 dan objek wisatanya kembali dibuka. Zona hijau ini patut kita syukuri,” kata Aminullah, Minggu (26/6/2022).

Kata Aminullah, sejak awal tahun sampai bulan Mei sudah mencapai 100 ribu wisatawan yang berkunjung ke Kota Banda Aceh berdasarkan hunian hotel dari berbagai daerah dan negara.

Aminullah menjelaskan, capaian tersebut diperoleh atas berbagai macam upaya Pemerintah Kota dalam mempromosikan wisata-wisata yang ada di Kota Banda Aceh baik melalui media sosial atau melalui even-even yang berskala nasional.

Bahkan, kata Aminullah untuk tahun 2022 ditargetkan 500 ribu wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang akan berkunjung ke Kota Banda Aceh sehingga diharapkan terjadinya perputaran perekonomian di Kota Banda Aceh.

“Tahun ini kita targetkan akan ada 500 ribu wisatawan yang datang, menginap dan menghabiskan uangnya di Kota Banda Aceh sehingga perputaran ekonomi di Kota Banda Aceh meningkat,” katanya.

Aminullah menambahkan, untuk mewujudkan target 500 ribu wisatawan tersebut Kota Banda Aceh pada bulan Agustus mendatang akan menjadi tuan rumah pada even nasional yaitu Anugerah Pesona Indonesia (API), Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dan pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI). Sehingga kegiatan ini diharapkan akan mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah ke Kota Banda Aceh.

Sebelumnya, pada dihelatnya Muktamar ke-31 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) di Banda Aceh pada 22 sampai 25 Maret 2022, dan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual. Acara yang pertemuan besar tahunan IDI itu diikuti kurang lebih 1.500 dokter se-Indonesia dan tentu menguntungkan bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Kemudian, pada Oktober nanti juga akan digelar event Nasional yaitu Liga Baveti 2022 yang akan diikuti oleh seluruh veteran se-Indonesia.

Hal tersebut merupakan upaya strategis Wali Kota Aminullah Usman dalam memajukan ekonomi Banda Aceh agar perekonomian terus tumbuh sebagaimana yang dialami pada tahun 2021 yakni 5,53 persen (data BPS), setelah pada tahun 2020 minus di atas 3 persen.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar