Kakanwil Kemenag Aceh Apresiasi Seminar Haji Pegadaian Syariah, Ajak Kaula Muda Daftar Haji

KBRN, Banda Aceh : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mengapresiasi kegiatan Seminar Haji yang diselenggarakan Pegadaian Syariah Banda Aceh.

Hal ini diungkapkan Kakanwil Kemenag Aceh ketika menjadi narasumber pada seminar haji bertema "Langkah mulia menuju Baitullah," di Hotel Permata Hati Banda Aceh, Sabtu, 28 Mei 2022.

"Kami mengapresiasi kegiatan dan program haji seperti ini, selayaknya

lembaga-lembaga keuangan berbasis syariah memberikan perhatian terhadap pengambangan agama, karena lembaga ini berbasis ajaran agama Islam," ucap Iqbal.

Harapannya, kata Iqbal, program ini selalu bersinergi dan bisa membantu masyarakat. Tentu ini berbeda dengan talangan-talangan haji yang lain.

Ia menyebutkan mulai tahun ini pemerintah Arab Saudi mengizinkan pemberangkatan jemaah haji, tentu ini merupakan kerinduan bagi banyak jemaah yang sudah dapat estimasi pemberangkatan dan berharap untuk beribadah haji, setelah sempat terjadi pembatalan keberangkatan akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, meskipun ada pembatasan usia maksimal 65 tahun, Iqbal berdoa dan berharap tahun depan seluruh jemaah haji Indonesia dan Aceh dapat berangkat 100 persen, tanpa batasan usia.

Karenanya, kata Iqbal, kesuksesan haji tahun ini, akan menjadi tolak ukur pemberangkatan haji 100 persen kedepan.

"Begitu juga bagi petugas haji, untuk menjadikan momen bertugas sebagai nilai ibadah dalam melayani tamu Allah," katanya.

Ia mengajak masyarakat, yang sudah mampu memantapkan diri mendaftar haji di usia muda.

"Di Aceh mesti pandemi, animo masyarakat mendaftar haji tetap tinggi, kita pertahankan dan tingkatkan hal ini dalam menyempurnakan rukun Islam ke-5, maka kami juga mengajak kaula muda untuk segera mendaftar, saat ini masa tunggu jemaah haji Aceh telah mencapai 31 tahun," katanya.

Dikatakannya, total jumlah kuota haji Indonesia adalah 100.051 orang, dan Embarkasi haji Aceh akan memberangkatkan 1.988 Calon Jamaah Haji ke tanah suci pada juni mendatang.

Ia menjelaskan berdasarkan jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Embarkasi Aceh dari Kementerian Agama RI, CJH Aceh akan diberangkatkan dalam enam kelompok terbang (kloter), dengan rincian lima kloter full jamaah Aceh dan satu kloter bergabung dengan jamaah asal Sumatera Utara, Medan.

Ia mengatakan melalui program pegadaian, juga meenjadi solusi bagi calon jamaah, sehingga lebih memudahkan masyarakat bisa mendapatkan nomor porsi haji.

Iqbal juga berpesan agar adanya upaya peningkatan sosialisasi yang menyentuh langsung ke elemen masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Departemen Gadai Area Aceh, Syarwani, Pimpinan Cabang Banda Aceh, Tarmizi dan pesertanya dari  perbankan serta nasabah pegadaian.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar