Prodi PGMI UIN Ar-Raniry Raih Akreditasi Unggul

KBRN, Banda Aceh : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). 

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan dari BAN-PT Nomor 3146/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/V/2022, tanggal 24 Mei 2022 dengan masa berlaku mulai sejak tanggal 24 Mei 2022 sampai dengan 21 Oktober 2026.

Ketua Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry, Mawardi SAg MPd menyampaikan rasa syukur atas raihan akreditasi unggul yang diraih oleh prodi PGMI tersebut. Mawardi juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan universitas, fakultas, tim penyusun dan segenap sivitas akademika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh atas dukungan dan kontribusinya sehingga berhasil meraih peringkat akreditas unggul.

“Tentu kita mengucapkan syukur alhamdulillah atas capaian ini. Kita menjadi program studi PGMI yang pertama memperoleh akreditasi Unggul bersama program studi PGMI UIN Purwokerto,"kata Mawardi dalam keterangan tertulis, Jum’at (27/5/2022).

Mawardi berharap, semoga raihan prestasi yang diraih ini menjadi pijakan atau landasan dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan khususnya di lingkungan program studi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk melahirkan lulusan yang berkompeten, khususnya di bidang keguruan.

“Saat ini alumni PGMI FTK UIN Ar-Raniry banyak yang sudah melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3, juga ada yang sudah berprofesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi dan guru di berbagai Madrasah Ibtidaiyah,"kata Mawardi.

Lebih lanjut, Mawardi menjelaskan bahwa tahapan dan proses yang dilalui sebenarnya sangat panjang, mulai dari penyusunan Borang IPEPA (Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi) dengan target memperpanjang akreditasi A yang berakhir pada bulan Oktober 2021 dan kemudian target tersebut tercapai dengan Akreditasi A diperpanjang.

“Setelah berhasil memperoleh kembali akreditasi A, selanjutnya tim dan prodi kembali menyusun borang ISK (Instrumen Suplemen Konversi) yang bertujuan untuk mengkonversi Akreditasi A yang diperoleh pada tahap sebelumnya menjadi akreditasi unggul, dan alhamdulillah hasilnya pun sesuai dengan yang diharapkan, kita memperoleh akreditasi unggul,"kata Mawardi.

Selain itu, kata Mawardi raihan akreditasi unggul menjadi motivasi bagi pimpinan dan civitas akademika PGMI FTK UIN Ar-Raniry untuk lebih meningkatkan kualitas penerapan Tridharma Perguruan Tinggi di lingkungan prodi PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 

Kedepan, pihaknya akan fokus pada sistem pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Center Learning) yang disinkronkan dengan perkembangan kurikulum MI, untuk menghasilkan calon guru yang unggul.

Untuk bidang penelitian dan publikasi ilmiah akan lebih banyak berkolaborasi dengan mahasiswa, guru dan dosen dari perguruan tinggi lain untuk pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang unggul. 

Sementara di bidang pengabdian kepada masyarakat juga akan melibatkan mahasiswa, guru, dan dosen serta unsur masyarakat, untuk meningkatkan kebermanfaatan Prodi PGMI yang lebih luas dalam rangka membangun pendidikan masyarakat.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar