220 JCH di Aceh Besar Ikuti Manasik

KBRN,  Jantho : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, mulai Kamis (26/5/2022) menggelar kegiatan manasik haji di Masjid Al Faizin Lampeuneurut, Kecamatan Darul Imarah, di buka Bupati Aceh Besar yang di wakili oleh Sekda Drs Sulaimi MSi.

Dalam laporannya, Kepala Kankemenag Aceh Besar, H Salman Arifin di dampingi Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana dan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Az Zahri menyampaikan, Jamaah calon haji (JCH) dari Kabupaten Aceh Besar berjumlah 220 orang, 78 laki 142 perempuan, di bagi dalam 3 kelompok terbang (kloter),  kloter I  70 JCH berangkat ke tanah suci tanggal 15 juni 2022, kloter III  40 JCH berangkat tanggal 17 juni 2022 dan kloter V 108 JCH  berangkat tanggal 19 juni 2022.  Dari 220 JCH Aceh Besar, yang terbanyak dari Kecamatan Darul Imarah 35 orang, sedangkan 3 kecamatan tanpa JCH yaitu Pulo Aceh, Lhoong dan Kuta Malaka. Untuk saat ini masa tunggu (waiting list) keberangkatan JCH dari Provinsi Aceh selama 33 tahun.

Lebih lanjut Kakankemenag Aceh Besar H Salman Arifin mengharapkan kepada JCH untuk terus mempersiapkan diri, memperdalam ilmu manasik haji  menjaga stamina dan kesehatan dengan baik. Untuk pelaksanaan manasik haji berlangsung selama 6 hari, 2 hari di tingkat Kabupaten di pusatkan di Masjid Al Faizin tanggal 26 dan 28 mei,  dan 4 hari di tingkat Kecamatan tanggal 29,30, 31 mei dan 1 juni di bagi dalam 2 rayon, rayon 1 untuk 110 JCH di pusatkan di Masjid Al Faizin Lampeuneurut dan rayon 2 untuk 110 JCH di Masjid Babussalam Lamteungoh Kecamatan Ingin Jaya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Besar dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada JCH yang mendapat kesempatan memenuhi panggilan Allah untuk menunaikan rukun Islam kelima, para JCH di minta untuk mempersiapkan diri dengan prima. Pemkab Aceh Besar sangat mendukung kegiatan pembinaan terhadap jamaah dan proses pemberangkatan JCH. Sulaimi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kankemenag atas kerja sama dan kordinasi yang selama ini telah berjalan sangat baik, termasuk dalam proses kegiatan ibadah haji tahun ini.

Turut hadir pada acara pembukaan manasik haji, kepala OPD, camat, kepala KUA, kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) dan tokoh tokoh masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar