Kemenag Aceh Barat Perkuat Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam

KBRN, Banda Aceh : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat memperkuat moderasi beragama bagi Penyuluh Agama Islam Kabupaten Aceh Barat. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Rabu (25/5/2022).

Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Drs H Jakfar mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas keilmuan penyuluh agama Islam dalam mensosialisasikan moderasi beragama kepada masyarakat. 

Sebab, penyuluh agama Islam merupakan ujung tombak, dan menjadi pelopor dalam menyukseskan program Kementerian Agama untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta meningkatkan kehidupan yang rukun dan bertoleransi dalam menjaga kehidupan umat beragama.

Jakfar menjelaskan, moderasi beragama merupakan salah satu modal sosial dalam melakukan pembangunan nasional berkelanjutan.

“Moderasi beragama bukan agamanya yang dimoderasi, tapi cara beragama yang harus moderat,” tambahnya.

Penguatan moderasi beragama tersebut diikuti oleh 58 penyuluh agama Islam di Kabupaten Aceh Barat, terdiri dari 10 penyuluh agama Islam PNS dan 48 penyuluh agama Islam non PNS. Adapun pemateri pada kegiatan tersebut yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Jaya, H Boyhakki MSos dan Pensiunan Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Barat Daya, Drs H Salihin Mirzal MA.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar