Antisipasi PMK, Muspika Nurussalam Pantau Kesehatan Hewan Ternak

KBRN, Banda Aceh : Anggota Koramil 09/Nurussalam Kodim 0104/Aceh Timur Serda Sunarto bersama Muspika Kecamatan dan instansi terkait cek kesehatan hewan ternak dikandang sapi milik warga Desa Seumatang Aron, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur, Rabu (25/5/2022).

Kegiatan tersebut menyikapi dari maraknya wabah penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak di berbagai wilayah, sehingga sangat meresahkan masyarakat khususnya peternak sapi maupun kambing.

Dalam kegiatan pendampingannya Serda Sunarto mengatakan, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kandang sapi bebas dari wabah penyakit mulut dan kuku sehingga dapat terhindar dari hewan ternak.

"Adapun gejala yang ditimbulkan diantaranya suhu tubuh ternak lebih dari 39°c, terjadinya air liur berlebih karena terjadi luka, lepuh, lesi pada pada mulut atau rongga, dan terjadi luka pada seputar kaki", jelasnya.

Kami juga meminta kepada masyarakat khusunya pemilik hewan ternak untuk lebih peka dan mengawasi peliharaannya serta tetap jaga kebersihan kandang.

"Bila mengalami tanda tanda bahwa hewan tersebut sedang sakit, segera laporkan pada PPL atau perangkat desa atau Babinsa untuk segera ditindaklanjuti," tutupnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar