35 JCH Nagan Raya Ikuti Manasik

KBRN, Banda Aceh: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nagan Raya melalui seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengadakan manasik untuk 35 Jemaah Calon Haji (JCH) reguler, Selasa (24/5). Acara yang berlangsung di aula kantor Kemenag setempat itu dibuka langsung oleh Kepala Kankemenag, Samhudi SSi. 

Ia mengingatkan kepada seluruh jemaah agar mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. "Kita yang mendapatkan panggilan untuk menunaikan ibadah haji harus bersyukur, karena tidak semua orang dipanggil. Oleh karena itu persiapkan diri dengan sebaik-baik mungkin, gunakan waktu dan kesempatan yang masih ada," ujarnya. 

Pelaksanaan pembimbingan yang berlangsung sejak 24-29 Mei dalam rangka mempersiapkan peningkatan pemahaman jemaah tentang proses pelaksanaan Ibadah Haji 1443 H/ 2022 M. 

"Pelaksanaan manasik yang dilakukan hanya 6 hari. Apabila merasa tidak cukup, kami membuka diri untuk seluruh jemaah. Temui Kasi Haji dan itu gratis," kata Samhudi. 

Sementara Kepala Subbagian Tata Usaha Kankemenag Nagan Raya, Tarmidhi SAg MA yang juga sebagai ketua panitia pelaksana menyampaikan kegiatan pembimbingan dilaksanakan selama 6 hari. 

"Pembimbingan dilaksanakan selama 6 hari, 2 hari ditingkat kabupaten dan 2 hari di tingkat kecamatan. Pelaksanaan pembimbingan menyangkut tata cara dalam rangka menunaikan ibadah haji," terangnya. 

Tarmidhi juga mengingatkan kepada seluruh jemaah untuk mengikuti pembimbingan secara penuh selama pelaksanaan manasik berlangsung. 

"Pembimbingan adalah kata lain daripada manasik," kata Tarmidhi melanjutkan. 

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H Mauliadi SHI menyampaikan sebanyak 35 calon jemaah haji asal Kabupaten Nagan Raya siap untuk diberangkatkan. Seluruh dokumen telah diterima dan diverifikasi tingkat provinsi. 

"Seluruh calon jamaah haji yang berangkat berjumlah 35 orang siap untuk diberangkatkan, untuk administrasi tingkat kabupaten sudah selesai. Sekarang tinggal dan lagi berlangsung pembimbingan," kata Mauliadi. 

Dari 35 jemaah yang berangkat untuk usia termuda 31 tahun, yaitu Desy Heriyati.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar