Kiat Kemajuan Pelaku UMKM Aceh

KBRN, Banda Aceh: Salah seorang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Aceh, yaitu Pemilik usaha Guritno (Gurita Lamno), Rizki Fadli membagikan kunci meraih kesuksesan yaitu harus mampu membidik potensi usaha yang ingin dijalankan, pemasaran, kemasan dan pemilihan nama menarik, serta menghasilkan produk yang  dirindukan konsumen sehingga pembelian berulang.

Hal senada juga disampaikan pengusaha kopi Betgseba bahwa sebelum menjalankan suatu usaha penting perencanaan bisnis, menentukan target pasar dan manajemen pembiayaan. Menurutnya saat ini pemerintah sudah sangat memberi dukungan terhadap kemajuan UMKM, seperti kemudahan perizinan.

Konsultan UMKM Center Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Aceh, Istiqomah menyebut permasalahan yang dialami oleh pelaku UMKM adalah terkait desain kemasan, pemasaran, pembiayaan hingga legalitas meliputi perizinan produk maupun usaha. Untuk itu pihaknya berupaya maksimal melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap UMKM.

Sementara itu, Kepala UKM Center PT. Bank Aceh Syariah, Iskandar menyatakan komitmen untuk membantu pelaku UMKM, mulai dari pelatihan hingga pembiayaan. Bahkan pelaku usaha di tingkat pedalaman juga menjadi prioritas.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam dialog interaktif yang disiarkan programa 1 dan kanal youtube RRI Banda Aceh, selasa 24 mei. Dialog ini merupakan rangkaian program beranda nusantara bertemakan “ UMKM Usaha Maju, Kita Mendunia” yang disiarkan LPP RRI pada 25 Mei pukul 10.00 Wib, menghadirkan narasumber Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wakil Ketua Komisi VI (enam) DPR Aria Bima, Diretur UKM Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Nining Soesilo,  dan pembicara Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. Program ini disiarkan secara nasional di programa 3, programa 1 RRI se Indonesia, RRI Net, dan youtube RRI Net Official.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar