Kakankemenag Subulussalam Lepas 47 Jamaah Umrah ke Tanah Suci

KBRN, Banda Aceh: Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam, H. Juniazi, S.Ag., M.Pd melepas sebanyak 47 Jamaah Umrah Kota Subulussalam, bertempat di Masjid Agung Kota Subulussalam, Selasa (23/5/2022). Jamaah umrah yang dilepas ini menggunakan Travel Ameera Mekkah Cabang Subulussalam.  

Juniazi dalam sambutannya mengatakan, bahwa semenjak Desember tahun lalu, pemerintah kembali memberangkatkan jamaah umrah ke tanah suci Mekkah, setelah sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi, melarang jamaah umrah dan haji ke tanah suci karena pandemi Covid 19 yang melanda dunia kala itu. 

Ia menjelaskan, tahun ini juga pemerintah kembali memberangkatkan jamaah haji, yang akan dimulai nanti gelombang pertama,  tanggal tiga Juni 2022. 

Kepada jamaah umrah yang akan berangkat, Juniazi mengingatkan untuk tetap melaksanakan prokes secara ketat, walau Covid 19 sudah melandai. Ini penting dilakukan, mengingat dunia saat ini belum pulih dari wabah mematikan itu. 

Selain itu Juniazi juga mengingatkan jamaaah untuk disiplin dalam melaksanaan rangkaain ibadah umrah di tanah suci, mulai saat tiba di Arab Saudi, di Madinah maupun saat di Mekkah. Sehingga jamaah berhasil membawa umrah yang mabrur. 

"Jaga kesehatan, disiplin dalam beribadah, jaga kekompakan dan jaga nama baik bangsa Indonesia dan Aceh selama di tanah suci," ujarnya. 

Juniazi, menerangkan soal maraknya hoax tentang haji ini. Misal, dana haji digunakan pemerintah untuk bangun jalan tol, gedung, pelabuhan dan infrastruktur lainnya. 

“Itu hoax. Tidak benar  pemerintah menggunakan dana haji yang disetor calon jemaah haji, untuk bangun jalan, jembatan, pelabuhan, dan infrastruktur lainnya. Termasuk, terakhir kita dengar dana haji digunakan untuk bangun IKN. Itu tidak benar," tegas Juniazi. 

Di kesempatan itu juga, Juniazi, meminta kepada masyarakat khususnya Kota Subulussalam yang ingin melakukan umrah agar memilih travel umrah yang sudah mengantongi izin dan terdaftar di Kementerian Agama. Sehingga jamaah merasa aman dan nyaman, dalam melaksanakan ibadah.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar