Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih Aceh

KBRN, Banda Aceh: Komisi Independen Pemilihan (KIP) terus melakukan pemutakhiran atau pembaharuan data pemilih yang menjadi acuan pada pemilihan umum  14 februari maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024.

Ketua Divisi Data dan Informasi KIP Aceh, Agusni AH menjelaskan, hasil terakhir pemutakhiran data pemilih di tingkat provinsi Aceh, mencapai tiga juta lima ratus empat puluh delapan ribu, tiga ratus tujuh puluh lima pemilih. Jumlah Pemilih tersebut tersebar di lima belas ribu enam ratus sembilan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

KIP Aceh juga memastikan kebenaran data hingga ke tingkat desa di seluruh kabupaten/kota, terkait jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat diantaranya pemilih pindah keluar maupun meninggal dunia.

Pihaknya berupaya maksimal selalu berkoordinasi dengan lintas instansi terkait seperti Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten/kota dan sebagainya. Bahkan pada awal juni mendatang dijadwalkan mengadakan rapat koordinasi.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar