Penumpang Dengan Vaksin Lengkap Tidak Perlu Lagi Tes PCR dan Antigen

Dok Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.jpeg

KBRN, Banda Aceh: Pemerintah Indonesia kembali memperbarui aturan terkait perjalanan domestik dengan transportasi udara. Terhitung mulai 18 Mei 2022, penumpang pesawat terbang tidak lagi wajib melampirkan hasil tes PCR dan antigen. Manajer Operasional Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Surkani mengatakan aturan tersebut mengacu pada Surat Edaran Kementrian Perhubungan Nomor 56 Tahun 2022 dan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 18 Tahun 2022.

“Menurut ketentuan tersebut, bagi calon penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap, baik dosis kedua atau ketiga (booster) tidak perlu lagi melampirkan hasil tes PCR dan antigen,” ujar Surkani.

Sementara penumpang yang baru melaksanakan vaksinasi tahap pertama kata Surkani, masih wajib menunjukkan hasil negatif PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam atau rapid tes antigen dalam kurun 1x24 jam sebagai syarat penerbangan.

Meski demikian Surkani tetap menghimbau kepada semua calon penumpang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

“Dengan pelonggaran aturan ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan trafik dan arus penumpang di Bandara SIM Blang Bintang Aceh, sehingga bisa turut berkontribusi pada pemulihan perekonomian,” harapnya.

Selain melonggarkan kebijakan tes PCR atau antigen bagi pelaku perjalanan, pemerintah juga melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang, diperbolehkan untuk melepas masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker.

Sementara bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, seperti lansia, atau memiliki penyakit komorbid, disarankan tetap menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar