MPU Tegaskan Pj Gubernur Harus Memahami Kekhususan Aceh

KBRN, Banda Aceh: Gubernur Aceh Nova Iriansyah berakhir masa jabatannya pada 5 Juli 2022, selain itu pada tahun ini terdapat 20 Bupati/ Wali Kota yang juga mengakhiri kepemimpinannya termasuk Wali Kota Banda Aceh pada 7 Juli mendatang.

Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk. H. Faisal Ali menyatakan pihaknya sudah memberi rekomendasi terkait persyaratan Penjabat (Pj) dalam taushiyah nomor 3 tahun 2022, berisi tujuh point meliputi sosok Pj harus setiap kepada pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, beragama Islam dan bertakwa,  tidak terlibat korupsi, memahami dan menghargai kearifan local Aceh, putra terbaik Aceh, memiliki integritas yang tinggi, dan mampu mengayomi seluruh komponen masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam dialog interaktif yang disiarkan programa 1 dan kanal youtube RRI Banda Aceh, kamis (19/5). 

Sementara itu, Ketua MPU Kota Banda Aceh Tgk. Damanshuri Basyir, M. Ag berharap,  Pj Wali Kota harus memiliki visi misi yang kuat, memahami kekhususan dan nilai-nilai islami, serta tidak mengedepankan kepentingan pribadi.

Ulama berharap Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dapat mempertimbangkan taushiyah MPU dalam menentukan pemimpin Aceh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar