Kakanwil: Pertahankan Prestasi, Target 75 % Realisasi Anggaran Awal Juli 2022

KBRN, Banda Aceh: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg memimpin rapat para pimpinan jajaran Kanwil Kemenag Aceh di ruang rapat kantor setempat di Banda Aceh, Selasa, (17/5/2022). Rapat itu dihadiri Plt Kabag TU, Drs H Marzuki A. MA, para Kabid dan Subkoordinator.

Iqbal mengharapkan para KPA dan PPK bekerja keras, tepat dan terencana dalam realisasi anggaran. "Kita mulai kerja keras dan maksimal di awal tahun, dan hal ini tentu akan memudahkan kita semua dalam memberikan pelayanan, dan tidak mengalami sindrom anggaran November dan Desember," katanya.

Menurut Iqbal, pelaksanaan anggaran anggaran berbanding lurus dengan pelayanan publik yang lebih baik. Ia berharap prestasi terhadap realisasi anggaran Kanwil Kemenag Aceh yang telah dicapai dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

"Mempertahankan tentu lebih sulit daripada meraihnya, makanya butuh kerjasama yang baik, saling koordinasi dan komunikatif dalam pelaksanaan berbagai kegiatan, dengan output yang jelas," ungkapnya.

"Alhamdulillah per 10 mei tahun ini, kita memperoleh peringkat ke-5 nasional, ini merupakan prestasi kita bersama, dalam rangka realisasi anggaran masing-masing satker,  sehingga bisa mencapai 34 persen lebih," katanya.

Ia juga mengharapkan awal bulan Juli nanti harus terealisasi hingga 75 persen, kita harus berusaha dan bekerjasama dengan baik untuk memperoleh target tersebut.

Ia menjelaskan dalam realisasi anggaran juga berorientasi melayani, melaksanakan prioritas kebutuhan masyarakat dan lembaga, bukan atas dasar keinginan individual.

Karenanya, kata Iqbal, semua satker untuk melakukan pemantuan dan mengontrol secara berkala terhadap perencanaan anggaran dan realisasinya.

"Pengawasan dan pengendalian penting dilakukan, agar proses penyelesaian program dan efesiensi anggaran dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan," jelasnya.

Sebagai informasi, akhir tahun 2020, Kanwil Kemenag Aceh dibawah kepemimpinan Dr Iqbal, telah meraih penghargaan Penyusunan Laporan Keuangan Terbaik, Kategori Satuan Kerja Besar Tingkat UAPPAW Tahun Anggaran 2020, Program Pendidikan Islam dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI.

Selanjutnya tahun 2021, Kanwil Kemenag Aceh juga mendapatkan hasil tertinggi evaluasi capaian kinerja triwulan III tahun 2021 se-Kanwil Regional Barat, dengan realisasi anggaran mencapai 80.53 %. Dan semester akhir 2021, meraih peringkat Pertama Keuangan Kategori Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah Besar dari DJPB Provinsi Aceh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar