FOKUS: #VAKSIN COVID

Orangtua Dihimbau Tidak Takut Bawa Anak Vaksinasi Covid 19

KBRN, Aceh Singkil : Orangtua  di  Aceh Singkil dihimbau agar tidak takut membawa anak untuk vaksinasi  Covid 19 untuk usia 6-11 tahun.  Himbauan ini ditekankan, mengingat masih banyak orangtua  enggan untuk mendampingi  anak ke sekolah untuk vaksin, karena  khawatir terhadap kesehatan anak.

Kepala Puskesmas Singkil Utara, dr. Tri Patriyuni, salah satu Tim Vaksinator Dinas Kesehatan Aceh  Singkil  kepada RRI menjelaskan orangtua tidak perlu khawatir mendampingi  anak untuk divaksin.  Karena  selama pelaksanaan di sekolah-sekolah vaksinasi berjalan dengan baik.

“Untuk vaksinasi anak 6-11 tahun sejauh ini aman, tidak ada  efek samping  yang berarti. Bahkan anak-anak habis disuntik dia main-main lagi.  Jadi jangan takut untuk vaksinasi anak.  Karena kita tidak tahu ke depannya bagaimana kesehatan anak ini.  Dampingi anak saat pelaksanaan vaksinasi di sekolah   ,” kata dr. Tri.

Dikatakan dr. Tri, dalam pelaksanaan vaksinasi, Tim selalu melakukan pendekatan persuasif, tanpa pemaksaan. Dan secara keseluruhan tidak ada keluhan dari anak.

“Secara keseluruhan, sejauh ini tidak ada.  Bahkan anak-anak disuntik, pulang, besoknya mereka sekolah lagi. Tidak ada yang mengeluh, dan yang menangis meraung-raung pun tidak ada kita jumpai, karena kita pendekatannya secara persuasif. Kalau dia tidak mau, kita suruh lihat teman-temannya dulu.  Nanti liat temannya  ga nangis, ya dia mau disuntik.  Jadi tidak ada pemaksaan,” tutur dr. Tri.

Lanjut dr Tri,  orangtua  tidak perlu khawatir  terhadap  kesehatan  anak, karena  selain aman dan halal, vaksin  yang digunakan  yaitu vaksin  Sinovac, sesuai dengan anjuran Kementrian Kesehatan.

Adapun vaksin Sinovac  merupakan vaksin yang  nilai kemanfaatannya  lebih tinggi, yaitu 62,5 persen, dan efek sampingnya sangat kecil.  Selain  itu vaksin Sinovac telah dipergunakan kepada ribuan sasaran sebelumnya, yaitu Usia 18 s.d 59  tahun, lanjut usia 59 tahun ke atas, dan usia 12 s.d 17 tahun.  Selama penggunaan untuk sasaran tersebut, semuanya berjalan dengan aman dan lancar, tanpa ada efek samping berarti.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar