Kemenag Aceh Timur Serahkan Piagam Izin Operasional Pesantren Fathurrahman

KBRN, Banda Aceh : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur Melalui Kasubbag. TU H. Akly S.Ag MH, didampingi Kasi PD. Pontren Faisal S.Ag menyerahkan Piagam Izin Operasional Pondok Pesantren (IJOP)  kepada Pendiri Pondok Pesantren "Fathurrahman" Tgk. H. Abdurrahman BTN mantan Anggota DPD RI Periode 2009-2014 itu.

Dalam ksempatan tersebut H.Akly mengatakan dengan diterbitkannya  izin operasional maka pesantren Fatuhrrahman telah terdaftar di Kementerian Agama dengan Nomor Statistik Pondok Pesantren yaitu 510011030126.Kamis (27/1/2022)

"Izin operasional ini sebagai wujud perhatian pemerintah untuk melindungi dan menjaga nilai, prinsip dasar serta jati diri dan karakteristik pondok pesantren sehingga terpenuhinya arkanul ma`had atau rukun-rukun pesantren dan ruuhul ma`had atau jiwa pesantren," ucap H.Akly.

Izin operasional juga diberikan sebagai bentuk jaminan kualitas pelayanan lembaga kepada masyarakat. Untuk itu Kepala Kemenag berpesan agar nantinya pesantren menyiapkan diri untuk mengikuti akreditasi lembaga sehingga layanan pendidikan yang diselenggarakan betul-betul sesuai standar nasional.

Sementara Pimpinan Ponpes Tgk. H. Abdurrahman BTN menyampaikan ucapan ribuan terimakasih kepada Kemenag Aceh Timur yang telah menerbitkan SK izin operasional Ponpes Fathurrahman.

Dikatakan, salah satu ciri Pesantren Fathurrahman selain pembelajaraan kitab kuning juga menekankan program tahfidz atau hafalan Al-Qur`an. ujarnya

"Komitmen kami adalah terus berperan melahirkan generasi-generasi yang hafal dan faham isi kandungan Al-Qur`an, serta memiliki kualitas keimanaan dan ketaqwaan yang baik serta wawasan dan pengetahaun yang memadai," kata Tgk Abdurrahman BTN yang pernah menjabat sebagai anggota DPD RI Periode 2009-2014

Sebelumnya Faisal dan Timnya terlebih dahulu melaksanakan Verifikasi serta Visitasi ke Dayah Muna Alfas Desa Pasir Putih Kec. Ranto Peureulak dan bertemu Razali, S. Pd kepala MAN 3 Aceh Timur yang sedang bersilaturrahmi disana. 

Selanjutnya secara bersama mereka menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MIN 3 Aceh Timur dan MTS. Peudawa. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar