Pengembangan Fasilitas di Destinasi Wisata Gunung Api Jaboi

KBRN, Banda Aceh : Dongkrak pengembangan destinasi wisata Gunung Api di Gampong Jaboi, Kelompok Sadar Wisata, bersama Petani Hutan Lindung Gampong Jaboi akan menghadirkan sejumlah atraksi di lokasi itu.

Atraksi dimaksud mulai dari pembuatan jalur baru yang lebih mudah di akses untuk menuju kawah demi kawah, penyediaan kendaraan offroad sederhana, kantin, gazebo, guide dan sarana pendukung lainnya.

Seperti yang diutarakan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gampong Jaboi Hidayatullah, saat ditemui RRI di lokasi wisata Gunung Api Jaboi. Dikatakan, pengembangan destinasi wisata ini, merupakan kerja sama Pokdarwis, bersama petani hutan Lindung dan Pemerintah Gampong Jaboi.

"Untuk pengembangan destinasi wisata Gunung Jaboi ini kita menggunakan dana desa, sehingga kita dapat membeli sejumlah sarana pendukung pariwisata yang cocok untuk gunung Serbok ini. Kita juga sudah menyediakan kantin sederhana dan beberapa gazebo untuk tamu yang ingin beristirahat di lokasi ini," terang Hidayat, Rabu (26/01/22).

Tambahnya, untuk menarik wisatawan agar menyambangi lokasi wisata ini, pihaknya berencana akan melakukan peresmian jalur baru menuju kawah gunung api, pada awal februari mendatang.

"Nanti di awal bulan kita buat sedikit acara peresmian untuk Peusijuk (tepung tawar) jalur baru. Sekaligus kita Peusijuk kendaraan ATV dan kantin baru kita. Yang pastinya kita akan berupaya agar destinasi wisata Gunung Serbok Jaboi diperhitungkan di Kota Sabang."

Menurut Hidayat, saat ini pihaknya tengah mempelajari berbagi aturan dan mempersiapkan izin khusus dari Dinas Kehutanan, guna menghindari terjadinya pelanggaran dan atau permasalahan di kemudian hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar