Kemenag Aceh Timur Verifikasi dan Visitasi Pondok Pesantren di Daerah Pedalaman

KBRN, Banda Aceh : Sebuah anugerah besar bagi dunia pendidikan pondok pesantren di Kabupaten Aceh Timur khususnya bagi Pendidikan Dayah dengan hadirnya sosok Kasi PD Pontren Faisal S.Ag Pria energik dan murah senyum ini, wara-wiri dalam melaksanakan verifikasi dan visitasi keberadaan pondok pesantren baru dalam pengurusan Izin Operasional pondok Pesantren.

Kali ini Faisal bersama Kepala MAS Kuta Binje Dra H. Fauziah MA dan dua orang Staf Urs Umum kembali ke pedalaman Aceh Timur dengan melewati kecamatan Langkahan Aceh utara dengan melewati jalan yang berkelok-kelok dan medan terjal yang begitu menantang guna melaksanakan Verifikasi dan visitasi keberadaan pondok pesantren baru dalam pengurusan Izin Operasional pondok Pesantren Bustanul Huda desa Pante rambong dusunn Pante Meuluewek Kecamatan pante Bidari di bawah Binaan Dra H. Fauziah MA yang di pimpin oleh Abi Jafar

Dalam kesempatan tersebut Faisal juga mengatakan perlu dilakukan verifikasi pendirianI zin Operasional Pendirian Pondok Pesantren baru sebagaimana tertuang berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 511 Tahun 2020 tentang Pedoman Izin Operasional Pondok Pesantren yang meliputi persyaratan Administratif, Teknis dan persyaratan Kelayakan yang harus dipenuhi.

Selain itu, Faisal juga mengatakan bahwa Izin operasional merupakan hal sangat penting dalam Pendirian Pondok Pesantren. Selain sebagai syarat sebuah Legalisasi sebuah lembaga Pendidikan juga sebagai acuan pemerintah dalam pemberian bantuan sosial bagi siswa siswi pondok pesantren, sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap lembaga yang dikelola oleh masyarakat di lingkungan Kementerian Agama.

Lebih Jauh Faisal menjelaskan masa berlaku perpanjangan Izin Operasional Pondok pesantren tahun lalu hanya berlaku lima tahun sekali sedangkan regulasi terbaru berlaku sepanjang masa, selama pondok pesantren tersebut masih aktif.

Faisal juga mengatakan nantinya pihak kemenag akan terus memantau apakah dayah tersebut masih aktif atau tidak dengan cara mengkroscek data santri melalui Aplikasi Emis.

Untuk diketahui Sebelumnya Faisal Bersama Kepala MAS Kuta Binje Dra.H.Fauziah MA terlebih dahulu bersilaturahmi ke dayah Raudhatul Huda Payanaden kecamatan Madat sekaligus menghadiri peringatan Maulid nabi Muhammad SAW.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar