Tiga Daerah di Aceh Menjadi Prioritas Penanganan Banjir

KBRN, Banda Aceh: 3 daerah di Aceh yakni Aceh Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Timur dan kota Langsa , menjadi prioritas penanganan banjir.

"Berdasarkan kajian secara keilmuan dan intensitas bencana setiap tahun, ketiga kabupaten tersebut rawan bencana," jelas Kasi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Fazli dalam dialog interaktif di Programa 1 RRI Banda Aceh, Selasa (25/1).

Menurutnya, Illegal Logging (pembalakan atau penebangan liar), pembangunan infrastruktur yang kurang mendukung, tindakan membuang sampah bukan pada tempat dan perilaku tidak ramah lingkungan lainnya memperburuk kondisi wilayah yang rawan banjir. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Yusrizal mengatakan, pihaknya menjamin ketersedian bantuan masa panic berupa bahan pangan dan sandang bagi masyarakat yang disalurkan provinsi ke gudang penyimpanan logistic disetiap kabupaten/kota, sehingga saat terjadi bencana bantuan tersebut dapat langsung digunakan tanpa harus menunggu didatangkan dari provinsi.

Narasumber lainnya Dr. Taqwaddin, SH, SE, MS selaku akademisi berpendapat, pemerintah sudah sepatutnya melakukan evaluasi infrastruktur yang ada, agar benar-benar kokoh dan mampu mengurangi potensi bencana. Seperti pembangunan tanggul sungai, waduk, dan bangunan tahan gempa.

Bahkan menurutnya, sebelum bencana terjadi, pemerintah sudah menyiapkan kebijakan, peraturan, perizinan termasuk edukasi dan pelatihan untuk mengantisipasi potensi bencana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar