Tabur Bunga Dalam Momentum HBI Ke 72, Implementasikan Nilai Kepahlawanan

KBRN, Banda Aceh : Upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Banda Aceh warnai Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke -72 Tahun 2022.

Prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada pahlawan, mengheningkan cipta kemudian peletakan karangan bunga pada tugu makam pahlawan yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman, Senin (24/1/2022).

Upacara tersebut turut diikuti oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi dan Pemasyarakatan di wilayah Banda Aceh/Aceh Besar, dan sejumlah peserta lainnya.

Meurah Budiman pada kesempatan itu menyampaikan penghormatan dan penghargaan kepada pahlawan harus dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan. Menurutnya, penting bagi setiap warga negara khususnya jajaran Kementerian Hukum dan HAM untuk mempelajari semangat juang dari pendahulu dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Banyak hal yang bisa kita pelajari komitmen dan konsistensi para pahlawan dalam mempertahankan negeri ini dari ancaman asing. Sudah seharusnya kita mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sekarang,” ujar Meurah.

Dirinya juga mengatakan momentum Hari Bhakti Imigrasi harus dijadikan pelecut semangat dalam bekerja. Sebab, Imigrasi hadir sebagai penjaga pintu gerbang negara guna menjaga kedaulatan Indonesia.

“Perjuangan kita sudah berbeda dengan dulu yang menggunakan fisik dan bambu runcing untuk mempertahankan kedaulatan. Saat ini kita menggunakan pikiran untuk mempertahankannya,” jelasnya.

Diakhir kegiatan, Meurah Budiman berharap Insan Imigrasi dapat mengabdikan diri melaksanakan Tri Fungsi Imigrasi yaitu memberikan pelayanan keimigrasian, penegakan hukum, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

“Semangat juang pahlawan harus mampu dimanifestasikan ke dalam kehidupan, apalagi tugas dan fungsi Imigrasi yang berperan penting dalam menjaga kedaulatan negara,” tutupnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar