Kakanwil Kemenkumham Aceh Cek Kesiapan UKK Imigrasi Tapaktuan

KBRN, Banda Aceh : Usulan Pemkab Aceh Selatan kepada Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh untuk mendirikan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi telah menunjukkan hasil.

Pada hari ini, Kamis (20/1/2022) Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman mengecek langsung kesiapan Unit Kantor Keimigrasian (UKK) Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Didampingi Kepala Divisi Keimigrasian; Sjachril, kehadiran Meurah Budiman disambut langsung oleh Sekda Aceh Selatan; Cut Syazalisma.

Meurah Budiman beserta rombongan meninjau semua ruangan untuk melihat kelayakan bangunan. Disela-sela kegiatan dirinya mengatakan, pembahasan persyaratan untuk perjanjian kerjasama keberadaan UKK Imigrasi di Tapaktuan sudah dibahas sejak lama. Rencananya, UKK Imigrasi di Kabupaten Aceh Selatan tersebut akan melayani segala urusan fungsi imigrasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Dengan dibangunnya UKK di Tapaktuan, nantinya diharapkan akan memudahkan masyarakat sehingga tidak harus jauh-jauh ke Meulaboh lagi. Ini merupakan bentuk pelayanan kita kepada masyarakat dengan memudahkan dan mendekatkan pelayanan,” ungkap Meurah.

Jauh kedepan, Meurah Budiman berharap UKK ini akan menjadi cikal bakal dibentuknya kantor imigrasi. Dengan itu, Meurah berharap hadirnya kantor imigrasi dapat berdampak baik untuk masyarakat Aceh Selatan.

Sementara itu, Sekda Aceh Selatan Cut Syazalisma menyampaikan terimakasihnya kepada Kanwil Kemenkumham Aceh atas kontribusi dan kepercayaan dalam membangun UKK di Tapaktuan. Ia mengatakan bahwa Pemkab Aceh Selatan akan terus berbenah dan memenuhi segala sarana dan prasarana agar nantinya UKK ini berjalan dengan baik.

“Ini merupakan kerjasama positif yang harus kita jaga dengan baik. Pemkab Aceh Selatan mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Hukum dan HAM sehingga terealisasi UKK ini,” sebut Cut Syazalisma.

Ditanyai mengenai cakupan wilayah kerja UKK Tapaktuan, Cut Syazalisma menjelaskan bahwa pelayanannya untuk seluruh masyarakat yang ingin mengurus dokumen keimigrasian baik yang berasal dari Aceh Selatan maupun yang di luar Aceh Selatan bisa mengurus dokumen keimigrasian di UKK Tapaktuan.

”Artinya dari mana saja bisa. Fungsinya sama seperti imigrasi lainnya,” jelasnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar