Gedung Baru BPBD Banda Aceh Rampung Tahun Ini

KBRN, Banda Aceh : Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meninjau pembangunan gedung baru kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh yang terletak di Gampong Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Selasa (18/1/2022).

Pantauan di lokasi, bangunan lantai satu plus tiang-tiang konstruksi untuk tiga lantai sudah rampung dikerjakan. Keseluruhan proyek diproyeksikan bisa selesai dalam 2022.

“Ini gedung baru untuk BPBD Banda Aceh yang selama ini kantornya masih sewa-menyewa,” ujar Aminullah usai peninjauan.

Menurut wali kota, kualitas gedung bagus dan sesuai standar kebencanaan.

“Sebenarnya sudah bisa ditempati untuk lantai satu, tapi akan ada lanjutan pembangunan tahap ketiga, sedang tender untuk dua lantai lagi. Jadi sesuai rencana kita siapkan dulu semua pada 2022 ini, dan harapannya bisa selesai tepat waktu.”

Ia pun berharap, kantor baru yang representatif tersebut dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk melayani berbagai kepentingan masyarakat terkait mitigasi bencana. “Dengan kantor yang representatif tentu akan semakin memudahkan petugas bpbd dalam melayani masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya,” ucap Aminullah.

Kepala Pelaksana BPBD Banda Aceh Rizal Abdillah mengatakan tahun ini merupakan tahap ketiga pembangunan kantor yang juga berfungsi sebagai Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB).

“Bangunannya tiga lantai seluas 2.000 meter persegi. Namun masih ada pembangunan di 2023: yaitu landscape, pagar, dan interior.”

“Lantai satu sudah selesai dikerjakan dan untuk sementara ini akan digunakan sebagai tempat para security/satpam dalam penjagaan gedung, karena terjadi masa kekosongan pekerjaan saat proses tender tahap berikutnya,” ujarnya.

Walau pun sudah rampung, gedung belum bisa digunakan karena masih dalam proses pembangunan.

“Kita khawatir nanti terkendala dalam pelayanan kepada masyarakat. Oleh karenanya, kita akan gunakan saat gedung selesai dibangun seluruhnya. Insyaallah dalam tahun ini,” ujarnya lagi.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar