FOKUS: #VAKSIN COVID

Lounching Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Capaian Vaksinasi SD Desa Telaga Bakti 100 Persen

KBRN, Aceh Singkil:  –  Muspika Kecamatan Singkil Utara Lounching Vaksinasi Covid 19 untuk anak usia 6-11 tahun.  Kegiatan dilaksanakan di  Aula PT Perkebunan Lembah Bhakti (PLB) Astra, Senin (17/01/2022),  dengan sasaran siswa/i  SD Telaga Bakti.  Luar biasa, capaian vaksinasi anak tersebut mencapai 100 persen.

Kepala Puskesmas Singkil Utara, dr. Tri Patriyuni kepada RRI menjelaskan dari total pelajar usia 6-11 tahun yang divaksinasi dari SD Telaga Bakti yaitu sebanyak 154 orang, sesuai dengan jumlah sasaran yang ditetapkan.

“Sasaran 154 orang, yang vaksin 154.  Sisanya mereka kan umur sudah 12 tahun, sudah divaksin sebelumnya.  Alhamdullilah capaiannya  100 persen, semua divaksin tadi.  Semua didampingi orangtua.  Walaupun ga orangtua yang mendampin, kakaknya, atau memang sudah dititipkan ke wali kelas,” papar dr. Tri Patriyuni.

Ditambahkan dr. Tri Patriyuni, jumlah capaian yang maksimal ini diperkirakan dikarenakan sebelum pelaksanaan vaksinasi, Muspika Singkil Utara sudah terlebih dahulu melaksanakan sosialisasi vaksinasi anak usia 6-11 tahun untuk meyakinkan orangtua bahwa vaksinasi aman dan halal.  Terbukti, selama vaksinasi tersebut tidak ada efek samping berat terhadap anak.

“Pas waktu sosialisasi kan kita memang menjelaskan detail apa itu vaksin, kemudian efeknya. Siapa yang bertanggunjawab jika anak-anak itu ada apa-apa pas saat setelah dilakukan vaksinasi.  Gimana upaya kami menyakinkan mereka.  Alhamdullilah mencapai 100 persen.  Dan tidak ada hal-hal yang membuat kendala besar, yang juga efek samping vaksin.  Yang juga ga terlalu apa.  Cuma muntah aja dua orang, sudah kita tangani, sudah bagus,” ujarnya.

Lanjut dr. Tri Patriyuni, vaksinasi anak akan dilanjutkkan ke sekolah dasar lainnya di Kecamatan Singkil Utara.  Besok, direncanakan akan dilaksanakan di SD 2 Kemukiman Gosong Telaga.  Adapun sasaran anak anak usia 6-11 tahun di Kecamatan Singkil Utara yaitu sebanyak 1.383 pelajar.  Ia berharap para orangtua atau wali bersedia membawa anak untuk vaksinasi, karena vaksinasi aman, halal, dan suci.  Vaksinasi juga sangat penting untuk mengakhiri pandemi covid 19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar