Sekda: Kekompakan Tim Terbentuk dari Kepekaan Pemimpin

Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes, memberikan arahan pada presentasi guru peserta calon Promosi Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB Dinas Pendidikan Aceh Tahun 2022, di Aula Dinas Pendidikan Aceh, Banda Aceh, Minggu (16/1/2022).

KBRN, Banda Aceh : Sebuah tim yang solid dan kompak, hanya akan tercipta jika pimpinan tim peka terhadap kondisi anggota dan jeli melihat kelebihan serta mampu melengkapi kekurangan masing-masing anggota tim.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, saat memberi arahan, pada acara berbagi Pengalaman dan Pembelajaran Calon Pemimpin Baru kepada 119 Calon Kepala Sekolah tingkat SMA/SMK dan SLB, di ruang rapat Dinas Pendidikan Aceh, Minggu (16/1/2022)

“Tanggung jawab pemimpin itu berat. Kita dituntut untuk mampu menjaga irama tim agar selalu kompak. Oleh karena itu, pemimpin harus peka dengan kondisi anggota tim, kelebihan dan kekurangan anggota harus mampu dipahami. Dan, jika setiap anggota tim sudah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, Insya Allah kerja-kerja akan lebih mudah,” ujar Sekda.

Pada kegiatan ini, Sekda memberikan kesempatan kepada masing-masing peserta untuk mempresentasikan diri terkait kemampuan, pengetahuan serta strategi capaian kinerja.

“Kegiatan ini diharapkan mampu melatih bapak dan ibu sekalian untuk mempresentasikan kemampuan diri dan target serta strategi untuk merumuskan kinerja yang baik dengan waktu yang dibatasi. Presentasi ini akan menjadi dasar bagi komitmen para peserta untuk diaplikasikan nantinya,” ujar Taqwallah.

Sekda juga mengingatkan, para kepala sekolah adalah ujung tombak Pemerintah Aceh dalam upaya meningkatkan dan memajukan dunia pendidikan di Bumi Serambi Mekah.

“Kemajuan dunia pendidikan adalah tanggungjawab kita semua. Namun dalam konteks sekolah, maka bapak dan ibu kepala sekolah memiliki tanggungjawab besar untuk memajukan dunia pendidikan di Aceh sesuai visi-misi Aceh Caroeng yang diusung Pemerintah Aceh saat ini,” kata Sekda.

Dalam presentasinya, para calon kepala sekolah berkomitmen menyukseskan program Aceh Caroeng yang selama ini digaungkan Pemerintah Aceh, serta menjalankan sejumlah program-program dan gerakan-gerakan yang selama ini dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh.

Salah satunya adalah Hazimar. Perempuan yang saat ini bertuhas sebagai Kepala Sekolah di SMA Persiapan Negeri 3 Gunung Meriah Singkil.

“Jika diberi amanah sebagai kepala sekolah, Insya Allah kami akan bekerja dengan sebaik-baiknya demi mendukung visi-misi Aceh Caroeng Pemerintah Aceh serta menjalankan sejumlah program dan gerakan pendukung dunia pendidikan lainnya seperti program vaksin anak usia sekolah dan gerakan Bereh serta kegiatan dzikir dan do’a rutin sebagai upaya memutus mata rantai covid-19,” ujar Hazimar dalam presentasinya.

Dalam kegiatan yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ini, Sekda Aceh turut didampingi oleh Asisten bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh M Jafar, Ketua Majelis Pendidikan Aceh Prof Abdi A Wahab dan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Alhudri.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar