Talkshow Public Speaking, dan Sosialisasi KIP Kuliah

KBRN, Banda Aceh : Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Utara menggelar Talkshow Asah Soft Skill bagi Siswa/i Dalam rangka Meningkatkan Semangat Belajar, Mengasah Kemampuan Publik Speaking dan motivasi semangat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi dengan Beasiswa.

Kegiatan yang diikuti oleh Ratusan siswa Kelas XI dan XII tersebut dan dilaksanakan di Aula MAN 4 Aceh Utara, Sabtu 15 Januari 2022, Dipandu Moderator Al Fadil Muhammad S.Pd., MPd, Talkshow Tersebut menghadirkan Narasumber Rifki Ismail, S Ag.

"Di bidang Public Speaking dan Leadership, Rifki ismail tergolong Master of Ceremony (Profesional Mc) atau moderator yang sering tampil di berbagai Event Pemerintah Aceh, tingkat nasional maupun Internasional. Sementara Di Bidang KIP Kuliah, ia adalah Eks Ketua Ikatan Mahasiswa Bidikmisi UIN Arraniry, melangsungkan pendidikan sarjana dengan Beasiswa Bidikmisi, Sedangkan di  bidang Leadership salah satunya ia adalah Ketua Ikatan masyarakat Pelajar Matangkuli (Impelma) Banda Aceh" Ujar Al Fadil.

Secara Terpisah, Kepala MAN 4 Aceh Utara, Drs. H. Sulaiman sangat mengapresiasi kepada waka Kesiswaan, Drs Muhammad Yasin dan pembina Osim Al Fadil Muhammad, S.Pd.I, M.Pd, yang telah menginisiasi kegiatan yang sangat Bermanfaat dalam menunjang semangat dan Prestasi siswa madrasah.

"Kompetensi dan Prestasi akan muncul dengan semangat, maka karenanya semangat serta pengetahuan yang mendalam menjadi modal utama dalam menemukan peta cita cita yang sesungguhnya" Ujar Drs. H. Sulaiman.

Penyampaian Alumni Madrasah

Rifki Ismail, SAg, sebagai narasumber menjelaskan bahwa Public Speaking dan Leadership adalah Paket Softskill yang Sangat mempengaruhi kualitas kemampuan Siswa di manapun, Sehingga ia adalah sebuah disiplin ilmu  dan praktek yang harus dikuasai.

"Pelajar ialah pelopor perubahan, sepantasnya adalah sebagai pemecah masalah bukan sebagai trouble Maker (Pembuat Masalah). Sehingga dalam menghadapi kecanggihan tekonologi, dan perkembangan zaman, Dunia saat ini membutuhkan pelajar (Pemuda) yang cakap di bidang akdemik nya namun ia juga cakap di bidang softskill nya. Jika salah satunya saja yang terpenuhi, dapat kita pastikan ketidak relevan ia dengan zaman akan menjadi kemunduran pada kualitas dan Prestasi pelajar itu sendiri" Ujar Rifki

Selain itu, rifki juga menyampaikan bahwa kepemimpinan adalah fungsi mengenal diri sendiri, memiliki visi yang terkomunikasikan dengan baik, membangun kepercayaan diantara rekan-rekan dan mengambil tindakan yang efektif untuk mewujudkan potensi kepemimpinan anda sendiri

"Jika apa yang kamu lakukan dapat menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, pelajari lebih lanjut, lakukan lebih banyak, lakukan lebih banyak dan menjadi lebih banyak, Maka anda adalah seorang pemimpin"Tegas Rifki

Persoalan Kuliah, Pendidikan Sarjana pasca lulus dari SMA/MA, Rifki membuat kesepakatan di awal bahwa Keinginan melanjut pendidikan bukan sebuah Ancaman melainkan ia sebagai sebuah tantangan yang harus dilalui.

Ia menyebutkan Bahwa jika kompetensi diri telah dipersiapkan, perguruan tinggi manapun akan melirik dan membutuhkan. Dan persoalan beasiswa pun akan mudah diraih dengan hasil seleksi yang Maksimal

"Ayo Persiapkan diri mulai sekarang dan tanpa henti mempersiapkan cita. Kita akan siap mendukung dan mengarahkan siswa agar dapat meraih kesempakatn kuliah di PTN/PTKIN dengan bantuan biaya pendidikan, makanya mulai sekarang mari Mencoba jangan pernah Takut melakukan hal baru" Tegas rifki

Kegiatan tersebut berlangsung dengan khidmat, dan seluruh peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan sangat bersemangat dan Penuh Keceriaan hingga akhir sesi selesai.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar