Memperkokoh Penguatan Moderasi Intern Umat Beragama, FKUB Gayo Lues Gelar Rakor

KBRN, Banda Aceh : Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Gayo Lues menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Moderasi Intern Umat Beragama dengan Tema Penguatan Moderasi Intern Umat Beragama, Rabu (8/12/2021 di Aula Kankemenag Gayo Lues.

Sekretaris FKUB Gayo Lues Dharmika Yoga SE MPd dalam laporannya mengungkapkan bahwa Rapat Koordinasi ini dilakukan bertujuan untuk Memberikan Penyadaran Tentang Penting nya Penguatan Moderasi Intern Umat Beragama  dan Menghargai Perbedaan Pendapat Untuk Memperkuat Ketahanan Bangsa, menumbuhkan Sikap saling Menghargai dan menerima Keberadaan Orang Lain dalam berkeyakinan. menumbuhkan Sikap saling Menghargai dan menerima Keberadaan Orang Lain dalam berkeyakinan. 

Sebagai Nara Sumber dalam Rapat Tersebut Bupati Gayo Lues, Wakil Bupati Gayo Lues, Kakankemenag Kabupaten Gayo Lues,  Dandim 0113 Kab. Gayo Lues, Kapolres Gayo Lues, Kajari Kab. Gayo Lues, Ketua MPU Kab. Gayo Lues dan Ketua FKUB Kab. Gayo lues. 

Wakil Bupati Gayo Lues , H Said Sani dalam sambutannya sekali gus membuka acara kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa pentingnya kerukunan umat beraga di antara kita. Karena hal tersebut dapat menjadi pondasi dalam menciptakan suatu keharmonisan antar lapisan masyarakat yang berbeda – beda. Selain itu juga dapat menciptakan semangat kebersamaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Moderasi Intern Umat beragama adalah cara pandang kita, sikap kita dan perilaku kita terhadap esensi beragama kita dan harus saling menghormati dan menghargai agama lain, tidak bisa saling menyalahkan agama lain, perbedaan merupakan rahmat yang harus dipelihara untuk mempertahankan NKRI. 

“Pemerintah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja para penggerak dan aktivis kerukuan umat beragama dalam merawat kerukunan dan toleransi di masyarakat terutama di level akar rumput. Atas kerjasama panjenengan kita bisa menikmati kehidupan berbangsa yang kondusif dan harmonis,” ujarnya.

Ia juga berharap, dalam pertemuan-pertemuan seperti ini, nantinya akan melahirkan rumus-rumus yang visioner untuk meneguhkan nilai-nilai moderasi dan toleransi beragama di Kabupaten Gayo Lues. 

“Forum ini juga bisa menjadi ajang dialog atas berbagai permasalahan yang masih mengganjal serta menemukan jalan keluar yang konstruktif bagi kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Gayo Lues,” 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Gayo Lues mengaku sangat mengapresiasi kepada seluruh tokoh agama yang selalu mendukung kerukunan umat beragama di Kabupaten Gayo Lues. Dia juga mengapresiasi pemerintah daerah termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda yang telah selalu memberikan dukungan, koordinasi dan komunikasi, sehingga tidak terjadi hal-hal yang diinginkan di Kabupaten Gayo Lues.

Kegiatan ini diikuti Kepala  KUA, Tokoh Agama, Pimpanan Pondok Pesantren, Pimpinan ormas,  Kelompok Tarekat, Amir Shaf Jamaah Tabligh dan Kaum Milenia.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar