Dayah Irsyadul 'Ibad Gampong Tumbo Baro Diresmikan

KBRN, Kota Jantho : Keberadaan Dayah di Kabupaten Aceh Besar kembali bertambah setelah Ketua MPU Aceh yang juga pimpinan Dayah Mahyal Ulum al Aziziyah Sibreh Tgk H Faisal Ali S.Sos.I  meresmikan Dayah Irsyadul 'Ibad yang berlokasi di dusun Cot Bada Gampong Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar, Ahad (5/12/2021).

Dayah yang dirintis dan pimpin oleh Tgk Aria Sandra SHi MAg telah memulai pendidikan sejak satu tahun yang lalu dengan jumlah santri saat ini 150 orang. Berdiri di atas lahan yang di wakafkan oleh dua orang warga masyarakat yaitu Hj Zuhra Yahya dan Alm. Nurdin Ahmad terus berkembang dan mengalami peningkatan dengan hadirnya santri  dari berbagai gampong yang ada di Kecamatan Kuta Malaka dan Indrapuri.

Camat Kuta Malaka Asnawi SE dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk mendukung dan membantu eksistensi dayah dalam rangka mendidik dan membentuk generasi yang islami sehingga terbebas dari pengaruh narkoba dan berbagai kemaksiatan lainnya.Camat menghimbau kepada para keuchik untuk mensosialisasikan keberadaan dayah sehingga masyarakat dapat mengantarkan putra putrinya untuk menuntul ilmu di Dayah Irsyadul 'Ibad.

Sedangkan guru rohani yang juga pimpinan Dayah Mahyah Ulum al Aziziyah Tgk Faisal Ali mengharapkan kepada pimpinan dan dewan guru dayah yang baru di resmikan untuk lebih banyak bersabar dan terus berikhtiar  membesarkan dayah.

"Sesuatu yang mahal pasti akan sulit kita dapatkan juga banyak tantangan dan permasalahan yang akan di hadapi, untuk itu di butuhkan kesabaran dan ketekunan,"harap Lem Faisal, sapaan ketua MPU Aceh.

Turut hadir pada acara peresmian Dayah Irsyadul 'Ibad, Kakankemenag Aceh Besar yang di wakili Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana SAg MSi, Kepala KUA Kuta Malaka Murtadla SAg, Keuchik Tumbo Baro yang di wakili Drs Bustaman, sejumlah pimpinan dayah, dan tokoh tokoh masyarakat.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar