DPRD Langkat Diskusi Peningkatan Mutu Madrasah Dengan Kemenag Aceh Besar

KBRN, Banda Aceh : Dalam rangka kunjungan kerja komisi B  DPRD Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara ke Kabupaten Aceh Besar melakukan silaturrahmi dan diskusi bersama jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar membahas kerja sama dan peningkatan daya saing pendidikan madrasah di antara kedua kabupaten tersebut. 

 Pertemuan di gelar pada hari jumat (3 desember 2021) di aula d'energy cafe Gampong Lamsayun Kecamatan Ingin Jaya, dari komisi B DPRD  Kabupaten Langkat di pimpin ketuanya Sandrak Herman Manurung bersama anggota H Agussalim, Sarno, Azman , Risma Lela Sari, Ismet Barus dan Safii. Sedangkan dari Kankemenag Aceh Besar hadir H Abrar Zym (Kakankemenag), H Khalid Wardana (kasubbag tata usaha), Suryadi (kasi pendidikan madrasah), Jamaluddin (kasi PD Pontren) , para ketua kelompok kerja Madrasah, Jufruddin(Madrasah ibtidaiyah), M Syafari (Madrasah Tsanawiyah), Jawahir (Madrasah Aliyah) dan Ratna Zaidah (pengawas madrasah)

Tim Komisi B DPRD Langkat sangat kagum atas berbagai prestasi dan kemajuan madrasah di Aceh Besar, bahkan mereka sangat antusias berdiskusi tentang problematika guru madrasah, mekanisme penerimaan tenaga pendidik dan kesejahteraan para guru terutama yang bertugas di madrasah swasta, upaya peningkatan mutu dalam aspek inovasi dan sains serta membangun sinergisitas antara pemerintah daerah dan kemenag.

Dalam paparannya Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym bersama tim menguraikan tentang berbagai perkembangan dan keberhasilan madrasah, apalagi secara kuantitas dan kualitas terus meningkat. Dengan jumlah Madrasah Ibtidaiyah (MI) 51 lembaga 47 berstatus negeri, Madrasah Tsanawiyah 30 lembaga 8 berstatus negeri, Madrasah Aliyah 26 lembaga 6 berstatus negeri, sedangkan tingkat Raudhatul Athfal/TK ada 15 lembaga yang berstatus swasta. Dari aspek akreditasi sebagian besar Madrasah menyandang predikat A dan B. 

Kabupaten Aceh Besar mempunyai madrasah  dengan sistem boarding  terbanyak di Aceh, sehingga menjadi rujukan dan tempat melanjutkan study untuk pelajar dari berbagai kabupaten/kota lainnya di Aceh bahkan dari luar Provinsi Aceh.

Acara pertemuan dan diskusi diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari Kankemenag Aceh Besar kepada komisi B DPRD Langkat.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar